LP4 ITB Adakan Workshop Inovasi Pengajaran dan Penulsian Buku Ajar ITB 2010

alitdewanto | Jumat, 12 November 2010, 11:47:55 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id- Bertempat di Ruang 9311 Multimedia Labtek VI, Lembaga Pengkajian Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan kepada Masyarakat (LP4) ITB mengadakan Workshop Internal tentang Inovasi Pengajaran dan Penulisan Buku Ajar ITB 2010 pada Rabu-Kamis (10-11/11/2010). Workshop ini secara khusus ditujukan kepada para insan ITB yang ingin menulis dan menyusun buku ajar sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti.

Workshop ini dihadiri pembicara dari berbagai kompetensi bidang studi di ITB. Masing-masing memberikan presentasi mengenai buku yang telah mereka buat. Hadir pula beberapa narasumber dari luar seperti Wahyu Trihartati yang mewakili Pusat Perbukuan Kemdiknas (Kementrian Pendidikan Nasional- red). Wahyu berbagi pengalamannya dalam mengendalikan mutu buku ajar yang sesuai dengan tujua pendidikan nasional. Selain itu, turut berpartisipasi pula perwakilan Penerbit Erlangga, Lemeda Simarmata yang mempresentasikan tentang buku perguruan tinggi seperti apa yang dicari penerbit.

Berikut daftar nama narasumber pemenang yang hadir mempresentasikan hasil karya mereka masing-masing.

Daftar Pemenang Hibah Penulisan Buku Ajar

1. Prof. Binsar H. Harianja dengan bukunya yang berjudul 'Mekanika Rekayasa',
2. Teori Relativiats Einsten: Sebuah Pengantar' oleh Taufiq Hidayat,
3. Oseanografi Fisis oleh Prof. Safwan Hadi,
4. Mekanika Batuan oleh Prof. Made Astawa Rai,
5. Metode Elemen Hingga oleh Prof. Amrinsyah Nasution,
6. Penelitian Operasional oleh Suprayogi,
7. Metode Estimasi Matriks Asal (MAT) untuk Kebutuhan Peramalan Transportasi oleh Prof. Ofyar Z. Tamin,
8. Trans-Estetika: Seni dan Ilmu Pengetahuan oleh Yasraf Amir Pilang,
9. Manajemen Kinerja Korporasi dan Organisasi: Panduan Penyusunan Indikator oleh Dermawan Wibisono
10. Arsitektur Kota Islam: Kajian Normatif dan Preseden tentang Pandangan Islam dalam Pembangunan Kota oleh Agus S. Ekomadyo.

Daftar Pemenang Hibah Inovasi Pengajaran ITB 2010

1. Fisika Dasar I oleh Novitrian,
2. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja : Memanfaatkan Media Visual Film dan Gambar untuk MK TI-5203 oleh Iftikar Z. Sutalaksana,
3. Seni Rupa Asia oleh Ira Adriati,
4. Teknik Komputasi oleh Estiyanti Ekawati,
5. Teori Peluang : "Bukan Sekedar Teori" oleh Khreshna I.A. Syuhada,
6. Fisika Matematika IIB oleh Khairul Basar,
7. Struktur dan Reaksi Anorganik oleh Prof. Djulia Onggo,
8. Sistem Utilitas oleh Prof. Herri Susanto,
9. Pengembangan Alat Bantu Perancangan Proses Perkuliahan dengan Pendekatan Capstone Design untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran : Studi Kasus MK AE3211 Analsis dan Perancangangan Struktur Ringan I oleh Hendri Syamsudin,
10. Penggunaan Metode Blended Learning untuk Kuliah KU-1072 Pengantar Teknologi Informasi - B (PTI-B) di FTMD oleh Muhammad Kusni.

Sekilas Tentang LP4 ITB

LP4 ITB merupakan lembaga baru yang berada di bawah Wakil Rektor Bidang Akademk dan Kemahasiswaan (WRAM). Saat ini, lembaga ini dipimpin oleh Prof. Bambang Riyanto. LP4 memiliki dua fungsi utama yakni melakukan kajian tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang perlu dikembangkan oleh ITB, serta melakukan studi tentang science and technology forecasting di masa depan yang diperlukan untuk mempersiapkan pendidikan dan riset dalam bidang sains dan teknologi yang diperlukan oleh ITB dan Indonesia.

LP4 memiliki misi sebagai lembaga "think-tank" ITB dalam mengkaji dan merumuskan kebijakan strategis serta inovatif yang terkait dengan pendidikan, penelitian, dan pengabidan masyarakat.