Berita / Utama

IRAPTSI URPA 2009: Mencetak Bibit Perenang Handal Mahasiswa

alitdewanto - Rabu, 16 September 2009, 15:17:28
BANDUNG, itb.ac.id- IRAPTSI (Invitasi Renang Antar Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia) merupakan salah satu program rutin yang diadakan oleh URPA (Unit Renang dan Polo Air) ITB. Pada tahun ini, URPA ITB berhasil menyelenggarakan invitasi ini untuk yang keenam kalinya pada Sabtu s/d Minggu (8 s/d 9/08/09) bertempat di Kolam Renang Mandala Ganesha Sasana Olahraga Ganesha. IRAPTSI VI ini diikuti total oleh 110 peserta dari 16 universitas di Jawa-Sumatera.Ajang ini memperebutkan Piala ITB untuk Perenang Terbaik Putra Putri, Piala Bergilir Rektor ITB untuk Juara Umum I, Piala PRSI bagi Juara Umum II, dan Piala Gubernur Jawa Barat untuk Juara Umum III. Pada akhir perlombaan, terpilih Glenn Victor (Universitas Parahyangan) sebagai Perenang Terbaik Putra sedangkan Yuliana Malindha, dari universitas yang sama, dinobatkan sebagai Perenang Terbaik Putri. Selain mengukuhkan dua perenangnya sebagai Perenang Terbaik Putra Putri, Universitas Parahyangan juara meraih podium terhormat sebagai Juara Umum I sehingga berhak atas Piala Bergilir Rektor ITB. Posisi selanjutnya ditempati oleh Universitas Surabaya dan Universitas Indonesia, berturut-turut sebagai Juara Umum II dan III.

Salah satu tujuan diadakan ajang rutin ini ialah mencetak bibit perenang handal mahasiswa untuk disumbangkan kepada perkembangan olahraga renang di Indonesia. Menurut Aditya Tanuwijaya, Ketua URPA, saat ini sangat disayangkan tidak adanya terlalu banyak kejuaraan renang untuk tingkat mahasiswa.

URPA ITB

URPA ITB sendiri berdiri pada tanggal 9 November 1975. URPA didirikan sebagai apresiasi mahasiswa ITB terhadap olahraga renang dan polo air. Dalam perkembanagannya, URPA menjadi salah satu  unit olahraga ITB yang mampu berprestasi, baik dari segi olahraga maupun keaktifan penyelenggara kejuaraan. Berikut prestasi URPA dalam sepuluh tahun terakhir:
  •      Penyelenggara IRAPTSI III tahun 1999.
  •      Juara Umum IRAPTSI III tahun 1999.
  •      Penyelenggara Kejuaraan Renang Antar Himpunan (KRAH) tahun 1999.
  •      Penyelenggara Kejuaraan Renang Antar Civitas Akademika (KRACA) tahun 2001.
  •      Penyelenggara Invitasi Renang Ganesha (IRG) tahun 2003.
  •      Penyelenggara IRAPTSI IV tahun 2004
  •      Juara II IRAPTSI IV tahun 2004
  •      Penyelenggara IRAPTSI V tahun 2006
  •      Juara III IRAPTSI V tahun 2006
  •      Penyelenggara Invitasi Renang Ganesha (IRG) tahun 2007