Tim ITB Raih Meritorius Winner Dalam Kontes Modeling Matematika Dunia

kristiono - Minggu, 12 April 2009, 10:02:39 Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - Tim Pemodelan Matematika ITB yang mengikuti Mathematical Contest in Modeling (MCM) dan The Interdisciplinary Contest in Modeling (ICM) memperoleh penghargaan Meritorious  Winner. Tim MCM terdiri atas Rizki Irawan, Levina Diansari, Mika Hasiholan, dibawah bimbingan Dr. Nuning Nuraini. Sedangkan Tim ICM, dibawah bimbingan Dr. Agus Yodi Gunawan beranggotakan Prima Deffinika, Widya NF, dan Karina Trisnanita. Penghargaan diberikan awal April 2009.Dua Tim ITB lainnya, yakni Citra Ramadiana, Gusti Intania, Dinar Rachmi, dibawah bimbingan Prof. Edy Soewono, dan Andrew Raymond, Zulkarnain, Aditya, dibawah bimbingan Dr. Kuntjoro AS, memperoleh penghargaan sebagai Successful Participants.

MCM (Mathematical Contest in Modelling), merupakan lomba pemodelan matematika tahunan tingkat internasional. Tahun ini MCM diikuti oleh 1675 tim, dan ICM sebanyak 374 tim dan dari berbagai negara di dunia. Setiap tim berkompetisi untuk memecahkan masalah pemodelan matematika.

Uniknya, setiap peserta lomba berkesempatan menang. Dengan mengirimkan hasil laporan bahasa inggris berupa summary dan resume, peserta lomba akan mendapat penghargaan successful participant. Tentunya bagi tim dengan paper berkualitas akan mendapat penghargaan lebih. Laiknya olimpiade sains, penerima medali bisa terdiri dari beberapa orang.

Dalam lima kali keikutsertaan lomba ini, ITB tercatat pernah mendapat satu perak dan cukup banyak perunggu. Biaya pendaftaran dan akomodasi peserta selama mengikuti lomba ditanggung 100% oleh Program studi Matematika ITB.