Dies Emas ITB: 28 Orang Terima Penghargaan dalam Sidang Terbuka

prita | Senin, 2 Maret 2009, 17:27:31 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - Wakil presiden Republik Indonesia bersama sejumlah menteri kabinet menerima penghargaan dari ITB atas jasanya di bidang masing-masing. Penghargaan tersebut diberikan pada Sidang Terbuka Peringatan Dies Emas ITB, Senin (02/03/09) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga).Penghargaan yang diberikan terdiri dari 5 kategori yaitu Ganesa Prajamanggala Bakti Kencana, Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama, Rektor Emeritus, Ganesa Widya Jasa Adiutama, dan Ganesa Wirya Jasa Adiutama. Selain wakil presiden dan sejumlah menteri, penghargaan diberikan pula pada orang-orang lainnya yang turut berjasa.

Jusuf Kalla yang membuka peringatan Dies Emas sekaligus memberikan orasi, pun turut mendapat penghargaan. Ganesa Prajamanggala Bakti Kencana diberikan kepada beliau atas perannya sebagai wakil presiden yang dianggap bermakna bagi ITB.

Penghargaan Rektor Emeritus diberikan kepada orang yang dianggap luar biasa dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai rektor ITB. Ganesa Prajamanggala Bakti Adi Utama merupakan penghargaan yang diberikan pada orang-orang yang dianggap memiliki pengabdian luar biasa sebagai menteri. Ganesa Widya Jasa Adiutama diberikan kepada orang yang aktif dalam kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, baik nasional maupun internasional. Sementara bagi orang-orang yang luar biasa dalam bidang pengembangan institusi di ITB, diberikan penghargaan Ganesa Wirya Jasa Adiutama.

Penghargaan berupa koin emas ITB dikalungkan langsung oleh Rektor ITB didampingi oleh Ketua Majelis Guru Besar, Ketua Senat Akademik, dan Ketua MWA. Hal yang menarik adalah penghargaan tidak diberikan hanya kepada alumni ITB, seperti contoh Andi F. Noya yang dianugerahi Ganesa Widya Jasa Adiutama. Namun sangat disayangkan terdapat 4 orang penerima Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama yang tidak dapat hadir, yaitu Ir. Aburizal Bakrie, Ir. Sarwono Kusumaatmadja, Dr. Ir. Kusmayanto Kadiman, dan Ir. Al Hilal Hamdi.

Ditemui usai acara, Andi F. Noya menyatakan bahwa gelar yang diraih sesungguhnya bukan hanya untuk dirinya. " Ini adalah penghargaan bagi semua orang yang pernah tampil dalam Kick Andy," ujarnya.

Penghargaan seperti Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama baru pertama kali dilakukan ITB. Menurut keterangan Anis Sussieyani, Sekretaris Eksekutif ITB, sejak dahulu ITB telah sering memberikan gelar pada orang-orang yang dianggap berjasa, namun penghargaan seperti sekarang ini adalah yang pertama dilakukan.



Daftar Penerima Penghargaan dari Institut Teknologi Bandung

Rektor Emeritus
1. Prof. Wiranto Arismunandar
2. Prof. Dr. Hariadi P. Soepangkat

Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama
1. Prof. Wiranto Arismunandar
2. Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto, MSCE.
3. Prof. Dr. Haryanto Dhanutirto
4. Dr. Ir. Giri Suseno Hadi Hardjono, M.Sc.
5. Ir. Sarwono Kusumaatmadja
6. Ir. Laksamana Sukardi
7. Dr. Ir. Rozik Boediro Soetjipto
8. Ir. Al Hilal Hamdi
9. Dr. Ir. Muslimin Nasution
10. Prof. Dr. Ir. Bambang Sudibyo, M.A.
11. Ir. M. Hatta Rajasa
12. Dr. Ir. Purnomo Yusgiantoro
13. Ir. Jusman Syafii Djamal
14. Ir. Aburizal Bakrie
15. Dr. Ir. Kusmayanto Kadiman
16. Ir. Jero Wacik, S.E.

Ganesa Widya Jasa Adiutama
1. Dr. Terry Mart
2. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng
3. I Nyoman Nuarta
4. Andi F. Noya

Ganesa Wirya Jasa Adiutama
1. Drs. Ahmad Setiawan
2. Ir. Yudia Pancaputra, MM.
3. Alm. Prof. Dr. Ibenzani Oesman
4. H. Raden Panji Muhammad Noer
5. Prof. Dr. Fasich, Apt.
6. Prof. Ir. Priyo Suprobo,M.S.,Ph.D