Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan

Informasi Umum dan Sejarah

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) dahulunya adalah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), merupakan suatu fakultas yang terbentuk dari jurusan-jurusan pendidikan yang berada di lingkungan FTSP. Jurusan Teknik Sipil ini merupakan jurusan pendidikan sebagai cikal bakal lembaga pendidikan tinggi teknik di Indonesia – Technische Hoogesschool (THS) Bandoeng yang didirikan pada tanggal 3 Juli 1920.

Pada tahun 1959, Technische Hoogesschool (THS) Bandoeng berubah menjadi Fakultas Teknik di bawah Universitas Indonesia. Di dalam Fakultas Teknik ini, terdapat Departemen Teknik Sipil yang terdiri atas Bagian Teknik Sipil dan Bagian Teknik Geodesi. Pada tahun 1962 berkembang dengan berdirinya Bagian Teknik Penyehatan.

Dalam restrukturisasi ITB pada tahun 1973, terbentuk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) sebagai salah satu fakultas di ITB yang terdiri atas Departemen Teknik Sipil dan Departemen Perencanaan dan Senirupa. Saat itu FTSP mencakup Jurusan Teknik Sipil; Jurusan Arsitektur; Jurusan Teknik Geodesi; Jurusan Teknik Lingkungan; Jurusan Teknik Planologi, Jurusan Senimurni dan Desain. Pada Tahun 1985 Jurusan Senimurni dan Desain ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Seni Rupa dan Desain.