Vlogger Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Hasilkan Konten yang Menarik dan Edukatif

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung (DKV ITB) bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor Indonesia (AHM) dan PT Daya Adicipta Motora, mengadakan acara Vlogger Goes to Campus pada Selasa (3/10/2023) di Gedung Center for Research and Community Service, ITB Kampus Ganesha, Bandung.

Agenda ini masih termasuk ke dalam perayaan 5 Dekade DKV ITB yang mengajak mahasiswa lebih aktif untuk membuat konten yang memiliki value dan bermanfaat.

Dalam acara tersebut terdapat sharing session yang diisi oleh narasumber memiliki keahlian dalam pembuatan konten, khususnya di bidang otomotif, sebut saja Motorcycle Enthusiast, Den Dimas, dan Content Creator, Dudi Sugandi.

Pada acara sharing session ini, para narasumber memberikan pemaparan hingga tips dan trik bagi para mahasiswa untuk membuat konten yang menarik, namun tetap memiliki nilai yang positif.

Customer Assistance Manager HC3 PT AHM, Kartika, mengatakan acara Vlogger Goes to Campus sebelumnya telah diadakan di Jakarta. "Kalau sekarang merupakan kali pertama diadakan di Bandung. Tujuannya pun salah satunya untuk mencari talenta baru di kalangan mahasiswa, yang memang memiliki minat untuk vlogging, utamanya di bidang otomotif," katanya.

Dia mengungkapkan antusiasme mahasiswa yang hadir cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya pertanyaan dari mahasiswa kepada narasumber. "Cukup interaktif tadi kondisinya, dari pertanyaan tersebut mereka bisa langsung aplikatif ke medsos mereka," tuturnya.

Sementara itu, GM HC3 PT Daya Adicipta Motora, Fenny Hasibuan, berharap dengan acara ini, mahasiswa semakin mendapatkan insight yang bermanfaat, khususnya mengenai pembuatan konten.

"Harapannya dari sesi sharing ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa. Mulai dari mengerjakan tugas kuliah yang ditekuni sekarang. Sampai mendapatkan sesuatu yang lebih dari itu. Siapa tahu nanti bisa menjadi vlogger atau Key Opinion Leader (KOL) profesional," tuturnya.


Di sisi lain, salah satu narasumber acara ini, yakni Dudi Sugandi, memaparkan mengenai cara menghasilkan sebuah konten. Penjelasannya menjabarkan berbagai konteks dan bidang, termasuk pengambilan foto, desain grafis, termasuk pemasaran digital, media sosial, copywriting, dan masih banyak lagi.

Beliau pun mengingatkan agar mahasiswa tetap menerapkan batasan saat pembuatan konten dan hasil produksi konten memiliki nilai informasi yang tinggi.

"Hari ini kita sharing soal membuat konten. Sekarang memang konten is the king, tapi tetap ada batasannya. Jadi buatlah konten yang bermanfaat. Ada konten yang isinya informatif, edukatif, dan juga menyentuh sisi emosional," tuturnya.

Selain sharing session, terdapat pula kompetisi vlogger untuk membuat video reels. Peserta dapat mengikuti kompetisi ini sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dan dapat mendapatkan total hadiah hingga Rp15 juta rupiah.


scan for download