UPT Perpustakaan ITB Tingkatkan Layanan melalui ACS on Campus Program

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id—Dalam rangka meningkatkan layanan dan akses e-resources di ITB, UPT Perpustakaan bekerja sama dengan organisasi nonprofit American Chemical Society (ACS) selaku penyedia database e-journal untuk bidang kimia ACS Publications (https://pubs.acs.org/). Acara dikemas dalam kegiatan ACS on Campus Program (http://acsoncampus.acs.org/) secara daring, pada Selasa (2/8/2022).

ACS on Campus Program merupakan sesi interaktif yang menyajikan kiat-kiat terbaik dari editor ACS terkait komunikasi ilmiah, tinjauan sejawat, dan fitur-fitur penelitian. ACS on Campus Program di ITB juga menghadirkan empat pembicara, yaitu (1) Dean of School of Pharmaceutical Sciences, University Sains Malaysia & Associate Editor, Journal of Chemical Information & Modeling Prof. Habibah A. Wahab, (2) Department of Chemistry, City University of Hong Kong & as Associate Editor, Inorganic Chemistry Prof. Kenneth Kam-Wing Lo, (3) Editorial Advisory Board Member, Journal of Chemical Education Dr. Fung Fun, dan (4) Senior Customer Success Specialist, CAS Ms. Pamela Oon.

Acara dipandu oleh Customer Success Manager, CAS Mr. Adrant Ling dan diikuti oleh peserta dari dalam dan luar ITB. Rangkaian acara dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITB Dr. Eng Yuli Setyo Indartono. Yuli berharap kerja sama ini dapat terus terjalin karena dapat membantu dan memberi dukungan sivitas akademika ITB dalam memahami kegiatan publikasi penelitian khususnya dalam lingkup penerbit ACS.

Pembicara pertama disampaikan oleh Prof. Habibah A dengan tema “Peer Review: An Introductori Guide” yang membahas tentang pentingnya peer review dalam proses penerbitan manuskrip/jurnal.

Pembicara kedua adalah Prof. Kenneth Kam-Wing Lo yang membahas tentang proses selanjutnya dari manuskrip setelah diterbitkan dalam tema “Cultivating Your Scientific Presentation Skills". Pembicara ketiga adalah Dr. Fung Fun Man yang membahas terkait kemampuan untuk memberdayakan tim yang beragam dalam tema “Advancing Scientific Leadership through Chemical Education”.

Dalam kesempatan ini, UPT Perpustakaan ITB juga menyampaikan materi terkait Library Resources yang disampaikan oleh Kepala Bidang Layanan Pemustaka dan Literasi Ilmiah UPT Perpustakaan ITB Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos. Yoka membuka materinya dengan pengenalan profil Perpustakaan ITB dan gambaran user yang dilayani di ITB.

Selanjutnya, Yoka menjelaskan mengenai jurnal dan buku elektronik yang menjadi langganan oleh ITB, cara akses beserta etika penelusuran yang harus diperhatikan, konten lokal ITB yang tersedia di UPT Perpustakaan, yaitu Perpustakaan Digital (Digilib) dan sistem informasi perpustakaan Web Public Access Catalog (WebPAC) ITB. Yoka juga menjelaskan tentang manajemen referensi dan pemanfaatan penggunaan visualisasi data untuk meningkatkan produktivitas dalam proses penulisan hasil penelitian.

Kegiatan ACS on Campus Program bermanfaat untuk memberikan dukungan lebih bagi sivitas akademika ITB dalam memahami kegiatan publikasi penelitian khususnya dalam lingkup penerbit ACS. Dari kegiatan ini, kedua belah pihak yakni ACS dan UPT Perpustakaan ITB berharap kerja sama dapat terjalin dengan baik dan dapat ditingkatkan untuk pemanfaatan database ACS bagi sivitas akademika ITB.

Reporter: Pravito Septadenova Dwi Ananta (Teknik Geologi, 2019)


scan for download