UPT K3L Selenggarakan Pelatihan Pemadaman Kebakaran

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Keamanan merupakan aspek yang sangat penting dalam melakukan sebuah pekerjaan. Sebagai sebuah institusi pendidikan, faktor keamanan juga merupakan poin terpenting dalam keseharian aktivitas civitas academica ITB. Unit Pelaksana Teknis Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (UPT K3L) ITB merupakan penanggung jawab atas keamanan dan ketertiban lingkungan kampus Ganesha, yang didukung oleh keberadaan satuan pengamanan atau satpam.
Dalam perkembangan lingkungan, peranan satpam tidak terbatas pada pengamanan fisik saja, namun juga mencakup pencegahan timbulnya bencana kebakaran, perlindungan atas keselamatan kerja, kriminalitas, P3K, dan  lainnya. Sehubungan dengan pentingnya faktor keamanan dan peran satpam, pada Kamis dan Jumat (18-19/11/2015), UPT K3L ITB bekerja sama dengan Kantor Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung dalam mengadakan pelatihan pemadaman kebakaran. Pelatihan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu pemaparan teori yang dilakukan pada pukul 08.00 - 10.00 di Ruang Audiovisual Perpustakaan Pusat ITB Lantai 4, dan dilanjutkan dengan sesi praktik memadamkan api di area dekat Lapangan Parkir Sipil.
 
Acara dibuka oleh Taryono selaku Kepala Bidang K3 UPT K3L ITB. Teori yang diberikan mencakup pengenalan api, jenis-jenis alat pemadam kebakaran, fungsi-fungsi dari alat peringatan kebakaran seperti smoke detector dan fire alarm. Di dalam ruangan juga dilakukan simulasi penanggulangan kebocoran tabung gas sehingga kejadian tidak diinginkan dapat dihindari. Materi diberikan oleh Wawan Sungkawa selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Pembinaan Damkar Kota Bandung. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik pemadaman api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), alat pemadam tradisional seperti karung goni yang dibasahi, dan diakhiri dengan penggunaan mobil pemadam kebakaran.
 
"Idealnya, acara ini diadakan secara rutin, minimum setahun sekali untuk mengingatkan kembali. Pada tahun 2012, pelatihan ini sudah pernah diadakan. K3L mengadakan banyak pelatihan untuk satpam, di antaranya adalah kerja sama dengan PMI untuk pelatihan P3K, serta pelatihan dari pihak kepolisian tentang kesamaptaan dan kesatpaman," tutur Widodo (Kasie Keselamatan Kerja dan Lingkungan Kampus Ganesha K3L ITB).

scan for download