Unit Selam Nautika ITB, Diving dan Konservasi Trumbu Karang

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Bagi mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung yang tertarik dengan olahraga menyelam, tak ada salahnya untuk berkenalan dengan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB bernama Unit Selam Nautika. Di unit ini, banyak kegiatan diving seru dilakukan.


Unit Nautika didirikan pada 2004. Sebelum menjadi UKM, unit ini dulunya hanya komunitas para dosen pecinta selam. Namun lambat laun karena banyak mahasiswa yang ikut dalam komunitas ini dibentuklah unit kegiatan keolahragaan Nautika ITB yang diketuai oleh Nando Nautika pada 2004.

Unit ini memiliki empat kegiatan utama, yaitu skin diving, free diving, scuba diving, dan konservasi. Kegiatan diving merupakan kegiatan utama Nautika berupa tahapan dalam setiap pelatihan. Anggota yang baru masuk akan mulai dengan tahapan skin diving dengan kedalaman maksimal dua meter, setiap anggota dipersilahkan untuk menggunakan alat selam dimiliki unit Nautika berupa fin dan snorkel. Kemudian, setelah mampu melewati tahapan fin diving kemudian naik tingkat pada tahapan free diving hingga scuba diving.

"Untuk konservasi, merupakan kegiatan eventual berupa restorasi terumbu karang di sejumlah laut di Indonesia. Kegiatan konservasi yang terakhir dilakukan dua tahun lalu di Pulau Pahawang, Lampung," kata Maria, anggota Unit Nautika ITB di acara Open House Unit (OHU) 2018, Sabtu (25/8/2018).

Pelatihan kegiatan unit Nautika dilakuan di kolam renang Saraga ITB setiap Senin, Sabtu, dan Minggu pukul 17.00 WIB sampai selesai. Dalam waktu dekat, Nautika bakal melakukan proyek EcoDive untuk konservasi trumbu karang. "Nanti kita bakal nyelam langsung ke laut buat liat kondisi laut itu sebenernya gimana, seberapa banyak sampah yang ada di laut dan arget tempatnya di antara selat Sunda, tambah Fahri, anggota lainnya.

Adapun prestasi yang terbaru diperoleh Nautika adalah telah mendapatkan sertifikasi pada tahun 2018. Sementara untuk keanggotaan, dari tahun ke tahun mengalami perkembangan. Di momen OHU kali ini mereka pun mengajak mahasiswa baru untuk bergabung menjadi keluarga besar Nautika.

Reporter: Diah Rachmawati

scan for download