Traject Story di 5 Dekade DKV ITB Mengusung Kolaborasi Multidsiplin Ilmu

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (DKV FSRD ITB) menggelar pameran karya akademik berjudul “Traject Story”, selama 4 hari, 28 September - 1 Oktober 2023, di Design Centre, Gedung CADL, ITB Kampus Ganesha. Traject Story juga merupakan salah satu rangkaian perayaan lima dekade DKV ITB.

Tahun ini, Traject Story membawa tema “Metamorphosis and Beyond”. Layaknya tahapan ulat hingga menjadi kupu-kupu, desain pun memiliki proses yang dijalani dan siklus yang berulang.

“Desain itu sebenarnya tidak pernah berakhir dan akan selalu menambah perspektif kita,” ucap Ketua Pameran Traject Story, Lidwina.

Pameran akademik ini mendapat arahan dari program studi terkait. Panitia diberikan arahan membuat pameran yang bertema seputar kolaborasi dan multidisiplin. Hal tersebut sejalan dengan kondisi DKV yang saat ini banyak bekerja sama dengan jurusan di luar fakultas sendiri. Dari arahan tersebut, mahasiswa dari Ikatan Pemuda Pemudi Desain Grafis DKV ITB merumuskan kembali tema, terciptalah kata beyond pada akhir kata tema tersebut.

Karya–karya yang ditampilkan merupakan hasil pilihan dosen, namun ada beberapa juga yang dipilih mahasiswa. Karya tersebut berasal dari berbagai mata kuliah dan merupakan hasil kolaborasi dari dalam maupun luar program studi, yaitu:

1. Ilustrasi dan desain buku anak (KIBA), yang membawakan tema tentang berbagai prodi di ITB;

2. Game Design, berbagai kolaborasi dengan Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika (STEI) untuk membuat gim;

3. Narasi visual, kolaborasi dengan prodi lain, salah satunya pameran dengan topik cahaya;

4. Ilustrasi dasar, menyampaikan tentang prodi baru yang ada di Jatinangor;

5. Desain Grafis II, sebuah kolaborasi dengan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), yang memperlihatkan pemetaan masalah ekologi;

6. Komunikasi Visual Multimedia II dan Periklanan II yang memperlihatkan produk website, gim, AI, hingga series.

Dengan adanya kegiatan ini, Lidwina berharap karya-karya dari DKV FSRD ITB lebih diketahui. “Harapannya, semoga teman-teman dari fakultas lain bisa mengetahui apa saja yang telah dikerjakan oleh DKV dan tahu proses karya tersebut. Kemudian, semoga mahasiswa DKV dapat memiliki karya yang terdengar ke ranah yang lebih besar,” ujar Lidwina.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)

Dokumentasi: Panitia Traject Story

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download