Tingkatkan Minat Baca Anak, Mahasiswa ITB Dirikan Mini Library di Desa Cilengkrang

Oleh Adi Permana

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang tergabung dalam Mata Kuliah KU4093 Pendidikan Karakter ITB mengadakan kegiatan fun learning dalam rangka meningkatkan minat belajar anak dan pemaksimalan sarana belajar di RW 03 Desa Cilengkrang pada Sabtu (15/4/2023). Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kelompok 1 KU4093 Pendidikan Karakter yang diketuai oleh Fayza Anissa (TM’21) yang dihadiri oleh anak-anak Desa Cilengkrang.

Ketua kelompok, Fayza, mengatakan alasan kelompoknya memutuskan untuk mengadakan kegiatan tersebut adalah karena anak-anak kurang terfasilitasi dengan baik terutama dalam hal pendidikan padahal mereka memiliki semangat yang tinggi untuk belajar.

“Kami sudah melakukan beberapa survei sebelumnya ke Desa Cilengkrang, dan dari hasil survei itu kami menyimpulkan bahwa sebenarnya kondisi pendidikan juga semangat dan minat belajar anak-anak sudah cukup baik. Namun, sarana dan kebutuhan pendidikan masih minim. Oleh karena itu, kelompok kami berinisiatif untuk mendirikan sebuah mini library yang dirancang agar mempermudah dalam proses pembelajaran, agar anak-anak yang memiliki semangat belajar difasilitasi dengan baik. Kami juga memperkenalkan metode fun learning agar mereka tidak mudah bosan dan juga monoton dalam proses pembelajaran. Sehingga, harapan meningkatkan minat baca anak-anak dapat terealisasikan,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan program, mahasiswa dibantu oleh warga setempat yang mengurus tempat ibadah sekaligus yang mengelola pengajian di RW 03. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu kegiatan fun learning. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 anak dari RW 03.

Kegiatan fun learning mengusung 5 kegiatan utama, yaitu sesi membaca, sesi menulis, sesi menghitung, sesi menggambar, dan terakhir sesi bernyanyi. Di setiap sesi, diterapkan metode fun learning yang mengajak anak-anak untuk melakukan setiap proses pembelajaran dengan lebih seru dan menyenangkan agar materi tersampaikan dengan baik dan para peserta tidak mudah jenuh. Di antara setiap sesi tersebut, diadakan juga apresiasi kepada peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan tiap sesi dengan baik. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti program fun learning.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan fun learning ini juga sekaligus meresmikan mini library yang diadakan oleh Kelompok 1 di RW 03 Desa Cilengkrang. Dalam peresmian ini, para peserta diperkenalkan dengan buku-buku yang bermanfaat yang ada di mini library yang harapannya dapat meningkatkan minat baca anak-anak di RW 03 Desa Cilengkrang.

Dalam rangka menjaga kelangsungan program yang dijalankan, Fayza, selaku ketua kelompok, beserta teman-temannya selalu melakukan koordinasi dengan para warga. Hal ini dilakukan agar program yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan terus memberikan manfaat bagi anak-anak di RW 03 Desa Cilengkrang. Selain itu, mereka juga menitipkan berbagai barang yang dapat bermanfaat untuk menjaga keberlangsungan program yang dijalankan, seperti alat-alat kebersihan, tempat sampah, alat menulis, dan alat menggambar.

Kelompok 1 KU4093 Pendidikan Karakter berharap dengan adanya mini library dapat semakin memacu semangat belajar dan dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak di RW 03 Desa Cilengkrang dengan memaksimalkan sarana yang ada dan dapat menambah ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh anak-anak, sehingga mereka dapat lebih semangat dalam belajar dan menuntut ilmu.

Ke depannya, Kelompok 1 KU4093 Pendidikan Karakter juga berharap anak-anak di RW 03 Desa Cilengkrang dapat menjadi penerus untuk desa mereka sendiri dan dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan desa dan bangsa.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Foto: Dokumentasi Kelompok 1 KU4093 Pendidikan Karakter


scan for download