Tim Robot ITB Juarai FIRA RoboWorld Cup 2015

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa-mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali mengukir prestasi di kancah kompetisi internaSional. Dalam ajang Federation of International Robot-soccer Association (FIRA) RoboWorld Cup 2015 yang dilaksanakan di Daejeon, Korea Selatan (04-09/08/15), Tim FIRA ITB 2015 yang bernama Dago Hoogeschool berhasil mengalahkan negara-negara pesaing lainnya dan memperoleh gelar Juara I pada kategori HuroCup-United Soccer. Tim Dago Hogeschool beranggotakan M. Aznan Firmansyah B. (Teknik Elektro 2012), Alinda Nur Fitriana (Teknik Elektro 2012), Desiana Dien Nurchalifah (Teknik Elektro 2013), Ahmad Zaki H.T. (Teknik Elektro 2013), Billie Naldo Herlambang (Teknik Elektro 2013), Dhimas Bintang Kusumawardhana (Teknik Elektro 2013), Muhammad Isnain (Teknik Elektro 2013), Miftahul Mahfudz (Teknik Informatika 2013), Rakhmatullah Yoga (Teknik Informatika 2012), Alyssa Diva Mustika (Teknik Tenaga Listrik 2013), Alamsyah Setyo Nugroho (Teknik Mesin 2012), Nurul Inayah B.M. (Teknik Kelautan 2013), dan Wahyu Trisvianto (Fisika 2012).

FIRA RoboWorld Cup merupakan kompetisi intenasional mengenai adu kemampuan atau kecangihan robot humanoid dalam bermain sepak bola. Robot yang telah dirancang bekerja dengan cerdas dan mandiri akan diadu kemampuannya dalam bermain bola sehingga manusia hanya terlibat sebagai wasit pertandingan dan manajer robot pemain. Ajang ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 1995. Pada FIRA RoboWorld Cup tahun ini, terdapat tujuh kategori yang dikompetisikan, yaitu: Micro-Robot Soccer Tournament (MiroSot), Simulated Robot Soccer Tournament (SimuroSot), Humanoid Robot Soccer Tournament (HuroCup), AmireSot, NaroSot, AndroSot, dan RoboSot.
Tim Dago Hoogeschool berhasil unggul di kategori HuroCup-United Soccer dengaan gelar Juara I dan tahun lalu-pun Tim FIRA ITB juga unggul dalam kategori ini dengan membawa pulang gelar Juara II. Kategori HuroCup terdapat sembilan cabang perlombaan, yaitu Penalty Kick, Obstacle Run, Sprint, Marathon, Lift and Carry, Weight Lifting, Basketball, Wall Climbing, Long Jump, dan United Soccer.

Ajang yang diikuti berbagai negara, seperti: Amerika Serikat, Jerman, Singapura, Australia, China dan lain sebagainya ini, sangat menarik karena robot diprogram untuk bermain bola dengan berbagai rintangan yang terdapat pada lapangan. Permainan tentu saja tidak dirancang sesederhana permainan sepak bola pada umumnya, robot diharuskan mampu menghindari beberapa penghalang yang terdapat pada lapangan permainan.

Sumber berita: https://stei.itb.ac.id/blog/2015/08/20/tim-robotika-stei-itb-rebut-juara-pertama-di-fira-roboworld-cup-2015/


scan for download