Tim Mahasiswa Teknik Informatika ITB Juara 2 Nasional Lomba Capture the Flag Techcomfest 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Tim SHA-587, yang terdiri atas tiga mahasiswa Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Juara 2 pada lomba Capture the Flag (CTF) dalam ajang Techcomfest yang digelar oleh Politeknik Negeri Semarang. Kegiatan ini terdiri atas babak penyisihan (20/12/2023) dan final (20/1/2024) yang diikuti mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Capture the Flag (CTF) merupakan salah satu jenis kompetisi hacking yang menguji keahlian peserta mengambil sebuah flag yang tersembunyi pada sebuah sistem. Pada ajang Techcomfest 2024, CTF diadakan dalam format jeopardy, yakni penyelenggara menyediakan layanan (service) dan peserta harus menyerang layanan tersebut dengan menyelesaikan tantangan-tantangan untuk mendapatkan sebuah teks yang disebut flag, yang kemudian diubah menjadi poin.

Moch. Sofyan Firdaus, Akmal Mahardika Nurwahyu Pratama, dan Muhammad Haidar Akita Tresnadi, berhasil memenangkan kompetisi ini dengan setelah menyelesaikan tantangan 0day, yang merupakan sebuah kerentanan (vulnerability) dalam sebuah program yang baru ditemukan dan belum dilaporkan.

“Poin akhir kami sama dengan tim yang menjadi juara 1, yaitu 1069 poin. Namun, karena kami kalah cepat, akhirnya kami menjadi juara 2,” ujar salah seorang anggota tim, Moch. Sofyan Firdaus.

Sofyan menjelaskan bahwa persaingan dalam CTF sangat teknis dan memerlukan keterampilan praktis selain pengetahuan teoritis. Mereka telah berlatih melalui pengalaman mengikuti lomba-lomba CTF baik di tingkat nasional maupun internasional sebelumnya.

“Saya sendiri selalu mengikuti satu sampai dua event CTF internasional setiap akhir pekan bersama sebuah komunitas CTF Indonesia bernama TCP1P,” tutur Sofyan. Berbekal pengalaman tersebut, tim SHA-587 mengukir prestasi di ajang CTF Techcomfest 2024.

Sofyan mengaku sangat senang karena ini menjadi prestasi kedua tim SHA-587 sebagai tim yang mewakili ITB di ajang lomba CTF. Dia berharap berbagai pihak semakin memperhatikan para pemain dan CTF itu sendiri. “Semoga suatu hari nanti ITB dapat mengadakan lomba CTF tingkat nasional,” ujar Sofyan.

Pencapaian ini menunjukkan komitmen dan keunggulan mahasiswa Teknik Informatika ITB dalam menghadapi tantangan keamanan teknologi informasi. Prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan kemampuan dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download