Tiga Mahasiswa ITB Raih Honorable Mention pada ONMIPA PT 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Tiga mahasiswa ITB pemenang Honorable Mention di ONMIPA PT 2023

BANDUNG, itb.ac.id – Tiga orang mahasiswa ITB raih penghargaan Honorable Mention pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA PT) 2023. Ketiga mahasiswa tersebut, yaitu Umar Fakhrurazi (Kimia, 2020) pada bidang Kimia, Rahmat Esar Salsabil (Aktuaria, 2019) dan Aldiputera Laksamana (Matematika, 2020) pada bidang Matematika.

ONMIPA PT 2023 diselenggarakan oleh Badan Pengambangan Talenta Indonesia (BPTI) di Institut Teknologi Bandung pada tanggal 13 Juni 2023 sampai 17 Juni 2023. Acara penutupan ONMIPA PT 2023 sendiri dilaksanakan di Ruang Multipurpose Hall lantai 3 Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) ITB.

Ketiga pemenang Honorable Mention ini tidak sekadar belajar menjelang seleksi. Mereka pun membeberkan persiapannya menjelang seleksi ONMIPA PT 2023.

Umar belajar dengan membaca buku ataupun latihan dari soal-soal. Dia pun mengikuti sesi pembinaan langsung dari dosen bidang terkait. “Ada juga pembinaan dari dosen langsung sehingga bisa belajar dan berdiskusi secara lebih intensif dengan jadwal dan pengajaran khusus,” jelasnya.

Selain belajar dan latihan, menurut Umar penting juga untuk mengukur diri dan prioritas agar memperoleh hasil maksimal.
Tak hanya belajar sendiri, Esar mengungkapkan sesama pejuang ONMIPA ITB selalu saling mendukung. Selain persiapan materi, penting untuk menjaga kesehatan, fokus dan berdoa.

Sementara itu, Aldi menegaskan untuk tidak perlu gugup dalam mengerjakan soal, “Datang, baca soal, pikirkan, corat-coret, dan tulis. Luapkan semua ide di kertas,” ujar Aldi.

Beberapa dosen pembimbing mahasiswa ONMIPA ITB diantaranya Dr. Dikhi Firmansyah untuk bidang Kimia dan Afif Humam, M.Si. untuk bidang Matematika. Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB juga memfasilitasi persiapan ONMIPA untuk mahasiswa ITB, termasuk bagi ketiganya.

“Salut sama Ditmawa sudah memfasilitasi mahasiswanya ONMIPA mulai dari penginapan dan transportasi. Pasti tahun depan ketagihan ikut jadinya,” ungkap Aldi.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download