Texas A&M University: Eratkan Hubungan Melalui Ekskursi Internasional

Oleh Ahmad Furqan Hala

Editor -

Foto bersama antara delegasi ekskursi internasional Texas A&M University dengan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan beserta anggota Resimen Mahasiswa Batalyon I/ITB BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung kembali mendapatkan kunjungan dari salah satu kampus unggulan Amerika Serikat sekaligus kampus rekanan, Texas A&M University. Kunjungan khusus ke ITB ini merupakan bagian dari program rutin tahunan "Texas A&M University Corps of Cadets International Excursion". Kunjungan ini dijamu oleh salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa Batalyon I/ITB (Menwa Yon-I/ITB) pada Jumat (22/05/15) di Ruang Auditorium Campus Center Timur ITB.
Texas A&M University Corps of Cadets (CoC) adalah organisasi kemahasiswaan tertua di Texas A&M University (TAMU) dengan sifat organisasi manajemen kadet militan, dengan jumlah kadet sekitar 2400 orang. Guna mengasah kemampuan dan wawasan kepemimpinan internasional, TAMU membuka kesempatan secara kompetitif bagi para kadet untuk mengikuti ekskursi internasional yang diadakan beberapa kali dalam setahun. Dalam ekskursi musim panas 2015 ini, TAMU CoC melaksanakan ekskursi ke Indonesia dan Singapura.

Sebelum menyambangi ITB, rombongan ekskursi ini juga mengunjungi beberapa tempat lain seperti Kementerian Pertahanan RI, gedung ASEAN, Universitas Indonesia, dan beberapa tempat lainnya. Dipimpin oleh Alan R. Kluver (Associate Professor di TAMU Department of Communication), rombongan ini tiba di Bandung pada hari Kamis (21/05/15). Acara puncak kunjungan ini adalah pada Jumat (22/05/15) dengan rangkaian acara berupa diskusi panel antara mahasiswa ITB dan kadet tamu dari TAMU. Topik yang diangkat pada diskusi ini cukup beragam mulai dari pelaksanaan program pembinaan kepemimpinan ala militer dari kedua organisasi, urusan rekrutmen anggota baru, sampai ke hubungan antara kedua organisasi dengan militer dan kampus di negara masing-masing. Diskusi ditutup oleh Dr. Ir. Iftikar Zahedi Sutalaksana yang merupakan dosen ITB sekaligus alumni UKM Menwa Yon-I/ITB.

Diskusi panel ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Ir. Bermawi Priyatna Iskandar, M.Sc., Ph.D. Bermawi menyampaikan harapan adanya kerjasama jangka panjang antara Texas A&M University dengan ITB dalam konteks pembinaan kepemimpinan dan soft skill mahasiswa.

Delegasi ekskursi juga berkesempatan mengunjungi tempat-tempat menarik di dalam kampus saat jeda shalat Jumat, dengan dipandu anggota Menwa Yon-I/ITB. Rombongan berkesempatan melihat latihan UKM Unit Kebudayaan Aceh yang sedang melaksanakan latihan. Ekskursi juga dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa lokasi lain di Bandung seperti Museum Mandala Wangsit, Asia Afrika, Banceuy, serta Braga. Rombongan sempat berhenti di Masjid Raya Bandung, dimana tamu delegasi ekskursi berkesempatan naik ke menara masjid raya, serta berinteraksi dengan penduduk Bandung yang memadati lapangan rumput sintetis.

scan for download