Teknologi Mobile-Computing Untuk Instrumentasi dan Manajemen Sistem Mix- Energy

Oleh asni jatiningasih

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Sumber energi terbarukan dan manajemen mix-energy penting untuk mempertahankan supply energi. Teknik Fisika ITB berkomitmen untuk membangun kompetensi mengatasi isu tersebut melalui proses pembelajarannya. HP Mobile Computing Technology Award memfasilitasi Eco-Spot- sebuah hot spot internet yang ramah lingkungan-dan mentransformasikan sistem manajemen mix-energy menjadi lahan eksperimen yang menyenangkan.

Eco-friendly hot spot atau disingkat Eco-Spot merupakan bagian dari projek HP Technology for Teaching award. Eco-Spot didukung oleh solar cell yang akan menyediakan jaringan nirkabel dan listrik untuk 6-8 laptop. Bulan Januari ini tempat untuk Eco-Hotspot yang berlokasi di lt.2 Labtek VI telah direalisasikan untuk selanjutnya diikuti dengan pelistrikan dan instrumentasi.

Teknik Fisika menerima Grant HP Technology for Teaching Award 2008. Proyek yang diusulkan adalah "Integrasi Teknologi HP Mobile Computing untuk Instrumentasi dan kontrol Mix-Energy ". Grant dari HP meliputi 1 paket notebook untuk dosen, 20 paket tablet PC untuk mahasiswa, 1 buah printer laser lebar, dan $20000 cash.

Grant ini akan digunakan untuk mixed energy setup yang meliputi:
1.Dua set photo voltaic (PV) arrays, telah dipasang diatas bangunan Labtek VI. HP Tablet PC digunakan untuk mobile instrumentation kit untuk mengukur radiasi sinar matahari dan listrik DC yang diproduksi PV, kemudian hasil pengukuran akan dikirim ke pengawasan kontrol dan akusisi data (SCADA) server via jaringan nirkabel.
2.Listrik DC dikonversikan menjadi listrik AC dan dikirim ke laboratorium multimedia, dimana listrik tersebut akan digabungkan dengan listrik utama untuk pencahayaan di lab.Sebuah smart control system mengatur cahaya agar energi yang digunakan menjadi se-efisien mungkin. Proses ini juga dimonitor oleh server SCADA.
3.Dengan menggunakan HP Tablet PCs,dimanapun selama dalam jaringan kampus, mahasiswa dan dosen dapat terhubung dengan server SCADA dan mengamati proses monitor energi dan manajemen.

Implementasi sistem mix-energy meliputi mix-energy setup berupa photo-voltaic panel, charger, baterai, inverter, dan power switch untuk memilih energi dari berbagai sumber; instrumentasi dan kontrol sistem meliputi sensor, aktuator, dan micro controller. Sistem tersambung dengan pengawasan kontrol dan akusisi data (SCADA) server melalui jaringan nirkabel.Eco-Spot, hot spot area yang tersambung dengan dengan mobile computing dan sistem instrumentasi, mendapat power dari mix-energy tersebut.

Dosen-dosen Teknik Fisika yang terlibat dalam projek ini diantaranya Ir. Eko Mursito Budi, MT sebagai Principal Investigator; Dr.-Ing. Aman Mostavan, DEA,ahli photovoltaic ;Dr.Ir. Edi Leksono, M.Eng, ahli energi; Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, MT., Ph.D, ahli Acoustic & Lighting; Ir. Wisnu Hendradjit, M.Sc, ahli thermal; Dr.Ir. Estiyanti Ekawati, MT, ahli instrumentasi.

Sistem mix-energy akan membawa pendekatan baru terhadap kuliah-kuliah di program studi Teknik Fisika.Dua percobaan baru modul telah dikembangkan untuk solar energi dan sistem SCADA.Para dosen yang mendapat penghargaan menambahkan studi kasus ini di kelas dan mendorong analisis multidisiplin tentang kasus tersebut. Penghargaan juga mendorong pemanfaatan teknologi komputer ponsel untuk melakukan percobaan lapangan.

wawasan mahasiswa mengenai energi terbarukan akan berkembang melalui eksperimen lapangan mengenai performansi mixed-energy system dalam energizing area internet hot spot.Sepanjang semester, 120 mahasiswa akan mengukur solar flux, temperatur photo voltaic cell, arus dan tegangan AC, dan AC power yang dihasilkan power inverter. Mobile technology akan menghubungkan instrumen di lapangan ke internet yang memungkinkan akusisi data jauh, monitoring, dan processing. Hal ini akan mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil kreatif dan berbagi informasi dengan lab dan kuliah-kuliah lain yang terkait.

Kegembiraan belajar yang meluas di seluruh eco-spot!


scan for download