Teknik Kimia ITB dan The University of Queensland Gelar International Collaboration Week 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id — Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar International Collaboration Week 2024, pada Senin hingga Jumat (22-26/01/2024). Kegiatan ini merupakan kerja sama dan persahabatan antara prodi Teknik Kimia ITB dan The University of Queensland dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai industri Teknik Kimia, Kemurgi, dan Pangan.

Program ini diikuti 18 mahasiswa dari ITB, 17 mahasiswa dari The University of Queensland, Brisbane, Australia, dan satu mahasiswa dari Toyohashi University of Technology, Jepang. Peserta berasal dari tingkat yang berbeda.

Kegiatan ini terdiri atas campus tour ITB, kuliah tamu, diskusi dan pengerjaan studi kasus, hingga kunjungan ke sejumlah tempat, salah satunya PT Pupuk Kujang di Karawang.

Terdapat tiga kuliah tamu yang dibawakan dosen ITB. Kuliah bertajuk “Hybrid Coal Processing” disampaikan Prof. Ir. Dwiwahju Sasongko, M.Sc., Ph.D. yang membahas jenis-jenis pemrosesan batu bara dan teknologinya saat ini, kuliah berjudul “Renewable Energy from Biomass” oleh Dr. Carolus Borromeus Rasrendra, S.T., M.T. menjelaskan mengenai pengembangan bensin dari minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar penerbangan domestik di Indonesia, dan Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T. menyampaikan kuliah berjudul “Food Processing” yang memberikan kesadaran mengenai berbagai jenis food waste rumah tangga maupun industri yang dapat dimanfaatkan untuk kegunaan lain.

Selain mengikuti kuliah, peserta berkesempatan memanfaatkan ilmu yang diberikan dalam studi kasus untuk mengidentifikasi potensi sumber daya alam untuk industri di Indonesia. Selain itu, peserta berkeliling Kota Bandung dan sekitarnya sembari menjalin relasi antar universitas dari dua negara yang berbeda.

   

Morgan (13022004) dan Reynard (13021068), dua peserta dari ITB, mengatakan, kunjungan lapangan ke PT Pupuk Kujang di Karawang menjadi salah satu yang menarik. Pada kunjungan tersebut, peserta dijelaskan mengenai proses pembuatan pupuk dan sistem pengendaliannya. Mereka pun melihat langsung peralatan skala pabrik yang digunakan.

Reporter: Luisa Carmel (Teknik Kimia, 2021)

Dokumentasi: Peserta International Collaboration Week 2024


scan for download