Sumaryanto Widayatin Terpilih sebagai Ketua IA ITB Periode 2011-2015

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Sumaryanto Widayatin akhirnya terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) setelah dilakukan pemilihan melalui sistem e-voting dalam kongres ke-8 alumni yang dilaksanakan di kampus ITB, Sabtu (3/12/11). Sumaryanto memegang amanah ini untuk periode 2011-2015. Ia meraih 3142 suara (38,19% dari total suara pemilih).

Sumaryanto adalah alumnus Teknik Arsitektur ITB tahun 1974. Semasa mahasiswa, dia pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) pada 1977 dan menjadi Ketua OS ITB pada 1978. Ia mengusung jargon SUM yakni Sinergi untuk Maju.

Dalam arena pemilihan ini, Sumaryanto, yang saat ini menjabat Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik di Kementrian BUMN, mengungguli empat kandidat lainnya, yaitu Amir Sambodo (Staf Khusus Menko Perekonomian), Hermanto Dardak (Wakil Menteri Pekerjaan Umum), Dasep Ahmadi (Entrepreneur), dan Nining Soesilo (Dosen Universitas Indonesia).

Selain digelar di kampus ITB, pengambilan suara juga dilangsungkan di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di setiap provinsi di Indonesia, dan beberapa TPS di luar negeri. Total terdapat 52 TPS yang disiapkan untuk hajat empat tahunan ini. Di awal penghitungan, Sumaryanto juga menang di dua kota basis pemilihan, Jakarta dan Bandung.

Usai penghitungan suara, Sabtu malam, Ketua IA ITB sebelumnya Hatta Rajasa dan Ketua IA ITB terpilih Sumaryanto Widayatin melakukan upacara serah terima jabatan di Aula Barat ITB. Hatta mengucapkan selamat dan apresiasinya atas kemenangan Sumaryanto. Dia juga mengingatkan, 'gesekan' antar kandidat ketua umum IA ITB dalam proses pemilihan adalah hal yang biasa terjadi. "Seperti di Pilkada dan pemilihan lainnya, itu biasa. Jangan dibawa keterusan. Sudahi sampai di sini," ungkap Hatta. Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu berharap, Sumaryanto dapat makin meningkatkan inovasi khususnya bagi kampus ITB.

Sumaryanto berjanji, akan memperkuat ITB sambil merangkul semua kalangan. "Saya tidak menjanjikan ITB lebih baik, tapi saya menjanjikan IA ITB akan lebih hebat. Bukan hanya bagi almamater tapi bagi kesejahteraan bangsa," ungkapnya yang disambut tepuk tangan para pendukungnya.

"Kami ingin membawa kesejahteraan ITB, tidak saja alumni dan almamater tapi juga kesejahteraan bangsa dan bisa menyelesaikan masalah kemiskinan. Saya kira alumni ITB bisa sukses," ujar Sumaryanto, saat memberikan sambutan ketua terpilih. Ia juga menyatakan ingin menjadikan IA-ITB sebagai forum terbuka sehingga sepak terjangnya bisa dievaluasi alumni lainnya.

Sumber: Kompas.com, Okezone.com, dan Antara.


scan for download