SIBADES 2011: Sekolah Dasar Tahan Gempa oleh Mahasiswa Teknik Sipil ITB

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ITB mengadakan kegiatan kerja sosial yang dikenal dengan nama Sipil Bangun Desa (SIBADES) 2011 di Kampung Puncak Raya, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kegiatan yang dilaksanakan oleh SIBADES 2011 adalah rekonstruksi tahan gempa untuk SDN Puncak Raya di Desa Margaluyu, Pangalengan. Puncak kegiatan ini dilaksanakan pada 17-21 Desember 2011 dan diikuti oleh dua ratusan anggota HMS ITB.

SIBADES, yang tahun ini dikoordinir oleh Fardy Muhammad Ichsan (Teknik Sipil 2008) sebagai ketua, merupakan kegiatan rutin HMS ITB yang diadakan sebagai suatu bentuk upaya nyata yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil ITB. Tujuannya adalah untuk mengaplikasikan ilmu keprofesian yang didapatkan di bangku kuliah agar dapat bermanfaat untuk meringankan permasalahan infrastruktur yang ada di masyarakat. Pada tahun 2010, HMS ITB telah melaksanakan kegiatan SIBADES dengan proyek berupa pembangunan jembatan di Desa Cicariuk, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat.

HMS menjadikan Desa Margaluyu ini sebagai objek kerja sosial karena setelah gempa bumi Tasikmalaya 2 September 2009 lalu, bangunan SDN Puncak Raya mengalami kerusakan parah. Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan, mengingat bahwa bangunan sekolah dasar merupakan infrastruktur yang penting dalam pembangunan masyarakat desa. Survei yang dilakukan beberapa orang dari HMS ITB akhirnya memutuskan untuk melakukan rekonstruksi terhadap bangunan sekolah dasar tersebut. Setelah melakukan persiapan selama beberapa bulan, akhirnya proyek rekonstruksi ini pun terlaksana.

Rekonstruksi SDN Puncak Raya ini didesain dengan struktur tahan gempa. Hal ini dikarenakan Pangalengan termasuk daerah yang rawan terkena gempa bumi. Terbukti, pada tahun 2009 ketika gempa melanda kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya, sekolah dasar ini ikut terkena imbasnya. Untuk itu, diperlukan suatu rancangan bangunan yang tahan gempa, terutama bangunan yang diperuntukan sebagai fasilitas pendidikan. Sebagai pendahuluan kegiatan rekonstruksi ini, dilaksanakan sebuah Seminar Rakyat yang bertujuan memberikan pencerdasan kepada masyarakat di desa Margaluyu tentang bangunan tahan gempa yang hendak dibangun dan mitigasi bencana dari aspek sosial kemasyarakatannya.

Sebagai bentuk upaya mendekatkan diri ke masyarakat, SIBADES mengadakan kegiatan pamungkas kerja sosial di Kampung Puncak Raya ini pada 17-21 Desember 2011. Harapannya, mahasiswa dapat melihat secara nyata aplikasi bidang keilmuannya dalam penerapan di lapangan. Selama hampir seminggu itu pula, mahasiswa berinteraksi dengan warga dan melakukan berbagai kegiatan, seperti tinggal di rumah warga, bersenam bersama, memasang paving block, mengecor kolom, bahkan melakukan pekerjaan galian septic tank.

SIBADES merupakan sebuah upaya yang coba direalisasikan oleh HMS-ITB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas infrastruktur pendidikan. Pada akhirnya, yang menentukan adalah masyarakat sepenuhnya. Dengan kesadaran akan pentingnya arti pendidikan, sudah seharusnya masyarakat memberdayakan fasilitas yang ada dengan menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk kemudian kembali membangun daerahnya kelak. Harapannya, suatu hari nanti akan lahir kaum terdidik yang membawa angin perubahan bagi kemajuan bangsa Indonesia dari bocah-bocah SDN Puncak Raya.

 

Disadur dari publikasi oleh Fardy Muhammad Ichsan. Gambar diambil dari sini dan sini.


scan for download