Shell LiveWIRE Energy Solutions 2024: Membuka Peluang Bisnis Energi Baru dan Terbarukan untuk Generasi Muda

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Shell Indonesia, Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan, Institut Teknologi Bandung (LPIK ITB), dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, menggelar “Webinar Shell LiveWIRE Energy Solutions 2024”, Senin (08/01/2024).

Social Investment Advisor Shell Indonesia, Trisna Wardhani, mengatakan, program ini memberikan dukungan dalam pengembangan bisnis di bidang energi kepada generasi muda yang tertarik menyelesaikan isu-isu energi melalui pendekatan kewirausahaan.

Webinar ini menjadi ruang diskusi bagi peserta yang tertarik dengan energi baru terbarukan (EBT) dan peluang bisnis di dalamnya. Dalam kegiatan tersebut diumumkan peluang berharga bagi peserta yang memiliki ide bisnis atau bisnis startup di bidang EBT dengan hadiah berupa program pelatihan bisnis dan pendanaan senilai Rp250.000.000.

Di sisi lain, Yulianto Suharto, M.B.A, M.Sc., Ph.D., dari SBM ITB, mengatakan, kolaborasi Shell Indonesia dan SBM ITB telah berjalan dalam beberapa tahun.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kesadaran dan mendorong perkembangan kewirausahaan di bidang EBT di Indonesia,” ujarnya.

Dalam webinar ini, para pemenang Shell LiveWIRE Energy Solutions (SLW ES) tahun-tahun sebelumnya berbagi pengalaman kepada peserta. Yusiran, pemenang SLW ES 2023, berbagi pengalaman suksesnya dan ide bisnis yang diajukan dalam program SLW. Sementara itu, Muhamad Rifqi Al-Ghifari, pemenang SLW ES 2022, dan Irvan Farasatha, pemenang SLW ES 2021, turut berpartisipasi dalam panel diskusi yang dipandu oleh Corporate Communication Shell Indonesia, Reza Marta Fawzy.

Selain itu, mereka menekankan pentingnya menjaga hubungan baik dengan stakeholder dan shareholder. Adapun bisnis di industri energi memiliki tantangan unik, termasuk perkembangan dan aspek finansialnya. Pemahaman yang baik tentang industri dan ekspektasi yang realistis dari semua pihak sangat penting untuk meraih kesuksesan.

Webinar ini memberikan kesempatan sangat berharga bagi peserta untuk memanfaatkan program pelatihan bisnis dan pendanaan yang ditawarkan Shell Indonesia. Harapannya, peserta dapat mengembangkan ide-ide inovatif dan kemampuannya dalam memecahkan isu-isu energi melalui pengembangan bisnis di bidang energi.

Reporter: Eli Sulistyowati (Manajemen, 2024)


scan for download