Regional Conference on Mechanical and Aerospace Technology (RC-MeAe)

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (FTMD ITB) menyelenggarakan konferensi regional bertajuk "Regional Conference on Mechanical and Aerospace Technology (RC-MeAe)" pada Selasa-Rabu (09-10/01/10) di Sanur, bali. Konferensi ini dihadiri lebih dari 150 peserta dari sekitar 14 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Australia.

Konferensi bertujuan untuk menjadi wahana bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pada bidang mekanikal dan kedirgantaraan bertukar ide dan informasi tentang kegiatan dan hasil penelitian, terobosan-terobosan teknologi yang sedang dikembangkan, tantangan dari dunia industri dan manufaktur, dan perkembangan dunia pendidikan dalam bidang kerekayasaan.

Konferensi yang dihadiri lebih dari 150 peserta dari kurang lebih 14 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Australia ini diselenggarakan dan diorganisir bersama oleh FTMD-ITB, The ASEAN University Network/Southeast Asia Engineering Education Development Network (AUN/SEED Net), JICA, ASEAN Foundation, Japan Society of Mechanical Engineers International Chapter Indonesia Section, Institut Aeronotika dan Astronotika Indonesia (IAAI), Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO), Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM), dan Badan Kejuruan Mesin, Persatuan Insinyur Indonesia (BKMPII).

Lebih dari 110 paper yang mencakup 7 bidang topik utama telah dipresentasikan pada 6 ruang paralel dan sekitar 12 poster turut dipamerkan pada konferensi ini.

Konferensi ini dibuka secara resmi Selasa (09/01/10) oleh Wakil Rektor ITB Bidang Komunikasi dan Kesekretariatan, Prof.Dr.B. Kombaitan, dan diikuti dengan sambutan oleh Dr. F.Uriarte sebagai representatif ASEAN Foundation. Lima pembicara utama (keynote speakers) menyampaikan keynote speech pada plenary sessions dalam konferensi ini. Prof. A.Akbarzadeh dari Royal Melbourne Institute of Technology (Australia), Assoc.Prof. T. Tsuchiya dari University of Tokyo (Japan), Prof. Shinnosuke Obi dari Keio university (Japan), Prof. Ichsan S.Putra dari ITB (Indonesia), dan Prof. Jeffrey S. Cross dari Tokyo Institute of Technology (Japan) telah membahas beberapa topik utama yang berkaitan dengan masalah energi, sistem kedirgantaraan, mekanika fluida, dan pendidikan kerekayasaan.

Sebelum secara resmi ditutup oleh Dr.Hari Muhammad sebagai General Chairman konferensi ini, diselenggarakan satu sesi khusus yang berkaitan dengan perkembangan program AUN/SEED-Net yang dipandu oleh Prof. Ichsan S. Putra dan Ms.Siriporn sebagai representatif AUN/SEED-Net.

Komite penyelenggara RC-MeAe menyampaikan terima kasih kepada sponsor utama acara ini, yaitu PT.Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia dan PT.Dirgantara Indonesia yang telah memberikan kontribusinya sehingga konferensi ini dapat berjalan dengan baik. Komite juga menyampaikan penghargaannya kepada Ikatan Alumni Teknik Mesin (IAM) ITB, PT.Kramayudha Ratu Motor, Shell Indonesia, PT. Ilthabi Rekatama, dan PT. Nusantara Turbin & Propulsi atas dukungannya dalam penyelenggaraan acara ini. Tidak lupa penyelenggara juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para peserta yang terlibat secara aktif dalam konferensi ini

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detil tentang konferensi ini, silahkan kunjungi : http://rcmeae.itb.ac.id

[Rianto Adhy Sasongko]


scan for download