Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB Rayakan 50 Tahun Keberhasilan

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Peringatan usia ke-50 tahun Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) dirayakan dengan serangkaian acara spesial bertajuk #5dekadeDKVITB di ITB Kampus Ganesha, Kamis hingga Minggu, 28 September-1 Oktober 2023. #5dekadeDKVITB bertujuan merayakan setengah abad prestasi luar biasa, inovasi, dan dedikasi dari civitas academica Prodi DKV FSRD ITB.

DKV FSRD ITB didirikan pada tahun 1972. Program ini telah menjadi salah satu pemimpin dalam pendidikan DKV di Indonesia.

     

Dalam peringatan usia ke-50 Prodi DKV ITB tersebut, diselenggarakan serangkaian acara yang mencerminkan visi "DKV for Greater Indonesia", yaitu:

- Kinarya Immersiva, International Light Festival: Pengalaman seni interaktif yang memukau;

     

- Instalation Room, Immersive Room, dan Video Mapping: Pameran karya mahasiswa dan alumni;

     

- #KIBAbalikKampus: Pameran Karya Kelas Ilustrasi Buku Anak;

     

- Adicita 5 Dekade: Pameran arsip Prodi DKV;

     

- Trajectstory: Pameran Karya kolaborasi Mahasiswa;

     

- Talkshow "DKV for a Greater Indonesia": Diskusi dengan para ahli industri desain;

     

- Family Reunion Gathering: Acara reuni dan kegiatan keluarga yang menyenangkan;

     

- Visual Cultural Night & Lifetime Achievement: Penghargaan kepada dosen dan alumni berprestasi.

     

Selain itu, terdapat acara pendukung lainnya seperti Craft Bazaar dan Culinary Stand yang menyediakan berbagai makanan dan kerajinan.

Acara ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan alumni Prodi DKV FSRD ITB serta dukungan dari berbagai pihak termasuk Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

     

Dekan FSRD ITB, Dr. Andryanto Rikrik Kusmara, S.Sn., M.Sn., mengatakan, "Kami berharap acara ini dapat membawa kesadaran tentang pentingnya dan strategisnya pendidikan DKV saat ini di tengah perkembangan yang sangat signifikan. Edukasi dan industri harus berjalan bersama untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik."

Ketua Panitia Kegiatan #5dekadeDKVITB, Triyadi Guntur Wiratmo, S.Sn., M.Sn., menambahkan, "Kami berupaya memberikan yang terbaik yang bisa kami berikan, dengan segala keterbatasan. Program yang baik adalah program yang dilaksanakan."

     

Acara ini diharapkan dapat memperlihatkan pencapaian Prodi DKV FSRD ITB selama setengah abad dan menginspirasi perkembangan media baru dalam berbagai aktivitas yang melibatkan peran DKV FSRD ITB.


scan for download