PMB Pascasarjana dan Profesi 2024, Kenalkan Sistem Informasi Akademik, ITB Account, dan E-Learning ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Penyambutan Mahasiswa Baru untuk program pascasarjana dan profesi secara daring, Senin (29/1/2024). Terdapat sejumlah materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, mulai dari peraturan akademik hingga Edunex.

Narasumber dalam kegiatan tersebut, yakni Kepala Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi Pendidikan, Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T., Kepala Seksi Layanan Teknologi Informasi, Yustinus Dwi Haryanto, S.Kom., dan Kepala Subdirektorat Perancangan Teknologi dan Konten Pendidikan, Allya Paramita Koesoema, S.T., M.T., Ph.D.

Dr. Dianika menyampaikan peraturan akademik dan kalender akademik yang harus dipahami seluruh mahasiswa ITB. Dokumen tersebut dapat diakses di Sistem Informasi Akademik (SIX). Terdapat sejumlah menu pada SIX, mulai dari kurikulum, status mahasiswa, jadwal kelas, beasiswa, hingga rencana studi. Dalam SIX, mahasiswa dapat memilih rencana studi hingga mengunduh KSM.

Adapun peraturan akademik 2021 yang saat ini diterapkan di ITB berisi program pendidikan, penerimaan mahasiswa baru, pendaftaran ulang, dan layanan akademik.

Sementara itu, Yustinus Dwi Haryanto menjelaskan tentang ITB account. Akun tersebut dapat mengakses layanan teknologi informasi di jaringan kampus ITB, seperti surel, WiFi, Single Sign On (SSO), Virtual Private Network (VPN), dan Microsoft 365 Apps.

Di lingkungan kampus terdapat dua Service Set IDentifier (SSID) yang dapat digunakan. Pertama, Hotspot ITB untuk akses intranet dan internet. Kedua, Eduroam untuk akses internet dan roaming internasional yang berpartisipasi dengan Eduroam.

“Terdapat 1.539 titik SSID di kampus Ganesha, 184 titik di kampus Jatinangor, Cirebon masih 39 titik, dan ITB kampus Jakarta akan segera ditambahkan,” ujarnya.

Adapun Allya Paramita, Ph.D., menjelaskan tentang Edunex serta fitur di dalamnya. Edunex adalah wahana ajar bauran sebagai tempat mengatur pembelajaran. Dalam Edunex, mahasiswa dapat mengakses materi kuliah, mengerjakan tugas, kuis, dan ujian, mengakses link pertemuan daring, berkomunikasi dengan rekan mahasiswa dan dosen melalui forum diskusi, memberikan feedback perkuliahan, dan presensi.

Untuk Tahun Akademik 2023/2024 Semester II, ruang kuliah daring mulai tersedia sejak 1 Februari 2024. Apabila mahasiswa belum mengunduh KSM karena suatu kendala, dapat menghubungi Call Center Edunex.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download