Perkuat Kolaborasi, Tim JDIH ITB Lakukan Kunjungan ke JDIH DPRD Kota Bandung

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dokumentasi tim JDIH ITB

BANDUNG-itb.ac.id., Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan kunjungan ke Tim Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, pada Rabu (20/12/2023). Agenda kunjungan kali ini bertujuan untuk melakukan studi dan bertukar ilmu dengan JDIH DPRD Kota Bandung, khususnya berkaitan dengan pencapaian JDIH DPRD Kota Bandung.

Tim JDIH ITB diterima langsung oleh Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan pada Sekretaritat DPRD Kota Bandung Eka Taofik Hidayat, S.STP., M.Si. beserta tim.

Sementara itu, Tim JDIH ITB diwakili oleh Kepala Bagian Tata Kelola Administrasi dan Kearsipan Dini Sofiani Permatasari, S.Si., M.T., Kepala Sub bagian Tata Kelola Administrasi Puji Subakti, S.T., M.Kom., dan Kepala Bidang Agraria dan Perancangan Naskah Hukum Riqi Syahroni, S.H., Sp-1.

Pada tahun 2023, Tim JDIH DPRD Kota Bandung berhasil meraih penghargaan sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Terbaik I untuk kategori DPRD Kota.

Di sisi lain, pada 3 November 2022, Tim JDIH ITB berhasil meraih penghargaan Gubernur Provinsi Jawa Barat sebagai anggota JDIH Perguruan Tinggi Terintegrasi dengan JDIHN di wilayah Provinsi Jawa Barat. Lalu, pada 7 November 2023 tim JDIH ITB kembali mengharumkan nama ITB di kancah nasional dengan menjadi juara 1 dalam Kompetisi Legal Development Content Creator (LDCC) Awards tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI).

Tak hanya itu, ITB juga mendapatkan penghargaan sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) Terbaik II Tahun 2023 untuk tingkat perguruan tinggi.

Kunjungan ini menjadi ajang studi banding bagi Tim JDIH ITB, pasalnya program-program pada DPRD Kota Bandung berfokus pada program sosialisasi dan kemudahan akses produk hukum yang dirumuskan oleh DPRD Kota Bandung bagi masyarakat.

Dokumentasi tim JDIH ITB

“JDIH DPRD Kota Bandung digunakan oleh para anggota dewan sebagai sarana untuk menyosialisasikan produk hukum di dapilnya masing-masing pada masa reses” tutur Eka.

Selain sosialisasi oleh anggota dewan, JDIH DPRD Kota Bandung turut mengadakan program-program lain seperti Senja (Sosialisasi dan Edukasi Santai tentang JDIH), JDIH Goes to Campus, JDIH Goes to Office, warung JDIH, dan program-program lainnya untuk mendorong penggunaan JDIH DPRD Kota Bandung oleh masyarakat Bandung.

JDIH ITB berasal dari kesadaran ITB dan komitmen Rektor ITB untuk mengarsipkan dan digitalisasi dokumen dan informasi hukum ITB secara terintegrasi. Sehingga, penyediaan informasi hukum dan arsip dokumen hukum di lingkungan ITB dapat dicapai secara maksimal.

“Lingkup Pengaturan Produk hukum ITB terbatas untuk lingkungan Institut Teknologi Bandung sedangkan lingkup produk hukum yang disediakan pada JDIH DPRD Kota Bandung mencakup ruang lingkup yang lebih luas yakni masyarakat Kota Bandung” tutur Dini.

Banyak inspirasi program kerja yang didapatkan oleh JDIH ITB maupun tim JDIH DPRD Kota Bandung dari kunjungan kerja tersebut, di antaranya adalah pelaksanaan program kerja sosialisasi dan pengembangan untuk JDIH.

Harapannya dengan adanya kunjungan ini, dapat menjadi jalan pembuka kerja sama antara Tim JDIH DPRD Kota Bandung dan Tim JDIH ITB, khususnya untuk melaksanakan berbagai kegiatan, seperti JDIH Goes to Campus, melakukan integrasi dokumen hukum, serta kerja sama karya ilmiah, jurnal maupun dokumen ilmiah lainnya.

Sumber: Kantor Hukum dan Biro Administrasi Umum dan Informasi ITB


scan for download