Perjuangan Mahasiswa ITB Meraih Medali Emas ONMIPA 2019

Oleh Adi Permana

Editor -

(Dok. Lembaga Kemahasiswaan ITB)

BANDUNG, itb.ac.id – Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) sukses memborong medali pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2019 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada 26-29 April 2019. Dengan raihan tersebut, ITB berhasil menyabet gelar juara umum pada kompetisi tersebut.


Tim ITB berhasil meraih 7 emas, 6 perak, 8 perunggu, dan dua honorable mention pada ONMIPA tahun ini. Tentu saja ini merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Sebelumnya, ITB tercatat pernah menjadi Juara Umum yaitu pada ON-MIPA tahun 2018, 2017, 2016, 2015, 2013, dan 2010.

Salah satu bidang yang banyak mendulang prestasi ialah bidang Fisika yang berhasil memperolah 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Hal ini merupakan hasil dari kerja keras dari para peserta yang sebelumnya sudah mengikuti serangkaian seleksi dari tingkat ITB, wilayah, hingga akhirnya ke tingkat nasional.

Faizal Husni, mahasiswa Teknik Telekomunikasi 2017, merupakan salah satu peraih medali emas pada bidang Fisika. Kesukaannya terhadap Ilmu Fisika memang sudah muncul saat SMP dan SMA dengan mengikuti olimpiade sains. Pada tahun 2017 ia pun pernah meraih Medali Perak Olimpiade Fisika tingkat Internasional atau dikenal dengan IPhO (International Physics Olympiad).

(Dok. Lembaga Kemahasiswaan ITB)

Tidak berhenti sampai disana, Faizal menceritakan bahwa saat menjadi Mahasiswa ITB pada tingkat pertama tahun 2018, ia kembali mengikuti ajang serupa yakni ONMIPA-PT dan melaju ke tingkat nasional dan meraih medali perak saat itu. Kegigihannya dilanjutkan pada ONMIPA-PT 2019 hingga berhasil meraih Medali Emas. “Atas raihan ini sangat senang dan melebihi ekspektasi karena persiapan untuk ONMIPA tingkat nasional sangat sedikit,” ungkap Faizal saat diwawancarai Reporter Humas ITB.

Mengikuti kegiatan di luar kegiatan akademik, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Faizal. Namun semua itu terbayar dengan hasil yang ia peroleh saat ini. “Kesulitan yang dihadapi lebih ke membagi waktu dalam belajar ONMIPA serta pelajaran kuliah. Karena (kegiatan) ONMIPA ada di akhir semester sehingga bertabrakan dengan ujian dan tugas,” ujar Faizal. Walaupun demikian Faizal berusaha membagi waktu sebaik mungkin hingga keduanya berjalan dengan baik.

Saat ditanya tentang rencana kedepan, Faizal mengungkapkan ingin mendalami bidang ilmu yang lebih spesifik dan berhubungan langsung dengan program studinya yakni dalam hal teknologi jaringan dan telekomunikasi. Kemudian untuk target jangka pendek Faizal juga merencanakan untuk mengikuti kompetisi lainnya yang berhubungan denga program studinya.

Reporter: Irfan Ibrahim

scan for download