Pengabdian kepada Masyarakat, LPPM ITB Resmikan Situs wisatabira.com

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


Bira, itb.ac.id-Pengabdian kepada masyarakat, Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) membuat situs web untuk mempromosikan wisata di Desa Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yaitu wisatabira.com.

Layanan tersebut merupakan persembahan salah seorang anggota tim LPPM ITB Dr. Ira Adriati, S.Sn., M.Sn., yang telah sukses melalukan riset di Bira Bulukumba Sulawesi Selatan. Selain meluncurkan situs wisatabira.com, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB tersebut juga sukses menulis dua buku terkait Bira berjudul Wisata Bira dan Budaya Bahari Bira.

Dr. Ira Adriati Winarno mengatakan, dirinya sudah berkunjung ke Bira untuk yang keempat kalinya. Di mana ia mengaku menginjakkan kaki di Bira sejak tahun 2016 setelah mendapat tugas untuk melakukan riset dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia dengan meriset Pinisi.

“Dari sana saya melihat Desa Bira ini memiliki potensi yang sangat besar untuk kemajuan pariwisata dan juga keunikan-keunikan yang tidak dimiliki oleh kawasan lain sehingga saya mengajukan kerja sama untuk Desa Bira sebagai percontohan desa wisata budaya berbasis kearifan lokal masyarakat Bugis,” ujar Ira sebagaimana dikutip dari Makassar Terkini.

Pada September tahun 2020 lalu, ia dan tim sukses melakukan proses pengabdian masyarakat melalui pelatihan bagi anggota pembuat kerajinan dengan melibatkan komunitas pengrajin.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Sehingga ia berharap dengan adanya website wisatabira.com ini dapat meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata di Bira.

“Kita berharap dengan adanya platform tersebut dapat meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Ira.

Kepala Desa Bira, Murlawa, sangat mengapresiasi tim LPPM ITB dalam hal ini Dr. Ira Adriati Winarno yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan riset dan telah banyak membantu masyarakatnya dalam melakukan pengabdian selama ini. “Sangat mengapresiasi tim LPPM ITB yang telah memilih desa kami sebagai lokasi riset dan melakukan pengabdian di wilayah kami,” jelasnya.

Kami juga menyampaikan apresiasi dalam menciptakan inovasi dan mendukung pembuatan platform informasi wisata desa Bira,” sambungnya.
Peluncuran website wisatabira.com dihadiri Kepala Desa Bira, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Murlawa yang ditandai klik tombol, Senin, 18 Oktober 2021 di Kantor Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung, Dr Ira Adriati Winarno menyerahkan cinderamata kepada Kepala Desa Bira, Murlawa di sela-sela peluncuran website wisatabira.com.

Peluncuran itu turut disaksikan jajaran SKPD dan Forkopimda Kabupaten Bulukumba, seperti Dinas PMD Kabupaten Bulukumba, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba, Diskominfo, Kapolres Bulukumba, Kapolsek, Kodim, KUA, BPD Bira, dan sejumlah lembaga dan tokoh masyarakat.

Sumber: Makassar Terkini


scan for download