Pelajari Potensi Bisnis Pariwisata, Mahasiswa Kewirausahaan SBM ITB Kunjungi Bobocabin

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Kunjungan mahasiswa Kewirausahaan SBM ITB ke Bobocabin

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa program studi kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung mengunjungi sekaligus mempelajari pengembangan potensi bisnis pariwisata di Bobocabin Cikole, Kabupaten Bandung Barat, pada Selasa (5/7/2023).

Bobocabin merupakan salah satu lini bisnis dari industri hotel akhir-akhir ini sedang viral, Bobobox. Kunjungan tersebut merupakan salah satu program kunjungan perusahaan pada mata kuliah Tourism Entrepreneurship.

Mahasiswa kewirausahaan dalam mata kuliah “Tourism Entrepreneurship” mempelajari tentang bagaimana melihat potensi suatu daerah akan sisi pariwisatanya.

Diharapkan ke depannya para mahasiswa ikut mengembangkan bisnis pariwisata di Indonesia. Sebagai informasi, industri pariwisata merupakan salah satu penyumbang besar terhadap PDB Indonesia, yang mencapai Rp786.3 triliun atau 4.97% terhadap PDB Indonesia tahun 2019.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru bagi mahasiswa dalam menyusun sebuah proposal bisnis pada akhir mata kuliah mereka, yang dapat diajukan pada tempat wisata yang menjadi objek dari proposal bisnis tersebut. Proyek tersebut merupakan bukti nyata mahasiswa ITB dapat terus relevan berkontribusi dalam segala eksistensi yang ada.

Saat berkunjung dilakukan ke Bobocabin Cikole, mahasiswa disambut oleh Manager Talent Acquisition Bobocabin, Ali Pasha. Ia memaparkan bahwa perjalanan Bobobox dimulai dari sang pendiri, Indra Gunawan, yang melihat adanya peluang bisnis pariwisata.

“Mas Indra memulai bisnis Bobobox karena melihat peluang dari sisi lifestyle manusia, yaitu tentang kualitas tidur, bagaimana caranya kita bisa memaksimalkan kualitas tidur, maka terbersitlah ide Bobobox” ujar Ali Pasha.

Ali turut mengungkapkan bahwa salah satu value proposition dari Bobobox ialah integrasi dengan sistem Internet of Things (IoT). Dimulai dari bisnis hotel kapsul di daerah perkotaan di Indonesia, Bobobox kini telah membuktikan startup bisa berkembang.

Bobobox berkembang lewat berbagai lini bisnis barunya, salah satunya Bobocabin, yang berfokus pada hotel cabin dengan nuansa alam, dengan memaksimalkan potensi alam dari daerah wisata tersebut.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa sarjana program studi kewirausahaan SBM ITB diharapkan dapat mempelajari bahwa peluang bisnis bisa dilihat bahkan dari kegiatan manusia sehari-hari.

Selain itu mahasiswa diharapkan juga bisa mempelajari bagaimana Bobobox melalui Bobocabin dapat memaksimalkan potensi bisnis pariwisata di masing-masing daerah yang memiliki ciri khas yang berbeda.

Reporter: Bashravie Thamrin (Manajemen, 2024)


scan for download