OHU 2015: Pintu Pembuka Pembelajaran Mahasiswa ITB di Unit Kegiatan Mahasiswa

Oleh Abdiel Jeremi W

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kemampuan dan keterampilan adalah dua hal yang terus dikembangkan insan-insan akademis sebelum mengaktualisasikan dirinya di masyarakat. Namun, keduanya tidak bisa diperoleh dengan hanya mengikuti perkuliahan di kelas. Oleh karena itu, terbentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB. Berbagai ragam dan rumpun UKM di ITB memungkinkan mahasiswa ITB memperoleh pengalaman berorganisasi dan keterampilan nonakademis. Pada hari Sabtu (29/08/15) UKM-UKM ini menunjukkan keahliannya dan membuka rekrutmen dalam acara Open House Unit (OHU) ITB 2015. Selama sehari lapangan dan lahan parkir kampus ITB Ganesha dipenuhi oleh stan UKM, komunitas, dan kuliner. Selain itu, acara yang gratis dan terbuka untuk umum ini diikuti oleh ribuan pengunjung, baik mahasiswa maupun masyarakat sekitar. Acara karya KM-ITB dan panitia OHU ini hanya berlangsung sekali setahun.

OHU ITB merupakan acara tahunan di ITB yang bertujuan untuk memfasilitasi massa ITB untuk menyalurkan minat dan bakatnya ke UKM yang ada di ITB serta merupakan ajang unjuk kebolehan dari UKM di ITB untuk merekrut anggota. Pada pukul 08.30, OHU 2015 dibuka dengan kolaborasi penampilan dari 88 UKM yang ada di ITB mulai dari rumpun pendidikan, agama, media, budaya, kajian, hingga olahraga. Acara ini merupakan daya tarik terbesar dalam OHU karena untuk pertama kalinya OHU bisa menyatukan UKM yang ada di ITB dalam bentuk kolaborasi unit-unit. Dipimpin oleh Almo Friztko Tarigan (Desain Produk 2013), OHU kali ini juga menyediakan ruang bagi komunitas-komunitas di ITB untuk unjuk gigi. Berbagai komponen acara yang memeriahkan suasana kegiatan tahunan ini adalah panggung utama, Museum OHU, Radio OHU, Bioskop OHU, Parade, Wahana Olahraga, Wahana Keilmuan, dan Wahana Budaya. Berfokus pada UKM yang ada ITB, komponen-komponen acara OHU memungkinkan potensi dan atraksi terbaik setiap unit untuk diketahui massa ITB.


Panggung utama OHU merupakan tempat dimana setiap UKM melakukan aksi dan penampilannya selama 15 hingga 20 menit. Di sisi lain, UKM-UKM dengan karya yang unik dan kreatif dapat membuat karyanya lebih dikenal dan dinikmati oleh khalayak ramai dengan Museum OHU yang dikemas dalam bentuk pameran interaktif berbentuk motion graphic video di dalam Information Centre ITB. Tak ketinggalan, ada Radio OHU sebagai usaha untuk memfasilitasi unit media, unit kajian, dan unit pendidikan dalam menampilkan hasil karya mereka. Sementara itu, ruang 9009 ITB dijadikan sebagai Bioskop OHU yang menampilkan film istimewa karya UKM ITB. Bioskop OHU juga merupakan wadah bagi para UKM untuk menunjukkan video promosi dan dikemas seakan-akan berada di dalam bioskop komersial.

Parade OHU 2015 dikemas dalam bentuk pawai internal kampus yang diisi dengan penampilan marching band yang atraktif dari unit MBWG-ITB, cosplay dari Genshiken ITB, dan UKM lainnya. Parade ini bertujuan untuk lebih meningkatkan euforia pengunjung serta menunjukkan keanekaragaman UKM di ITB. Pawai ini juga akan dimeriahkan oleh maskot OHU ITB 2015. Yang terakhir, wahana-wahana juga disediakan OHU untuk rumpun-rumpun unit lainnya, yaitu rumpun olahraga, keilmuan, dan budaya. Di samping banyaknya pilihan unit dan komunitas, Almo berpesan kepada seluruh massa ITB, "Jangan langsung percaya dan mendaftarkan diri pada unit atau komunitas yang tidak terdaftar di OHU 2015,".


scan for download