Musical Performance Tutup Kemeriahan Virtual Talkshow 101 Tahun ITB: The Cradle of Civilization

Oleh Adi Permana

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.


BANDUNG, itb.ac.id—Kemeriahaan acara Peringatan 101 Tahun PTTI dan ITB ditutup dengan konser virtual ‘The Cradle of Civilization’. Dua kegiatan utama ditampilkan yaitu transformative talks dan musical concert.

Musical concert diisi oleh berbagai alumni ITB seperti Tony P Sianipar (AR80), Imelda Rosalin (AR87), Candil (DS93), dan Henry Sinaga (AR98). Musical performance diselipkan pada tiap-tiap mata acara talkshow sehingga membuat penonton tidak mudah bosan dan terus terhibur.

Lagu pertama yang dibawakan pada deretan musical concert malam itu adalah lagu ‘Bagimu Negeriku dengan composer Toni P. Sianipar (AR80) dan vocal dibawakan oleh Candil (DS93) dan Henry Sinaga (AR98). Kemudian dilanjutkan dengan performance lagu ‘Cinta Indonesia’ dengan composer Guruh Soekarno Putra yang dibawakan oleh Maulinawati (FA83), Titi Tanjung (PL83), Rusdinadar Sigit (GL84) secara live dan diikuti Tri Veriyanti (TI84), Christine Panggabean (TL96), Margareth Theodora (SI99), dan Angelia Lao (SI11) secara virtual.

Setelah sesi talkshow dibawakan lagi musical performance yang berbentuk pre-recorded oleh Imelda Rosalin (AR95). Musical performance selanjutnya adalah lagu dari band Krakatau berjudul ‘Gemilang’ dengan composer Dwiki Dharmawan dan Mira Lesmana yang dibawakan oleh Puspalia Panggabean (SR04), Doni Suhendra (SR78), dan Bubi Sutomo (TA84). Doni Suhendra (SR78) merupakan salah satu anggota band Krakatau, pemilik lagu ini.

Untuk penutupan, berderetan lagu-lagu karya sang musisi legendaris, Sam Bimbo (SR61) yang di pagi hari pada hari yang sama mendapatkan penghargaan Doktor Honoris Clausa dari ITB. Lagu pertama yang dibawakan adalah ‘Citra’ oleh Puspa Panggabean (SR04) secara live dan diikuti Chika Zoehra (AR98), Stefanini Soemardiman (AR98), Fadriana Abdulkadir (AR93), dan Mutiara Lusiana (AR95) secara virtual. Selanjutnya, lagu kedua dari Sam Bimbo adalah ‘Sikap Duniawi’ dengan Isyana Sarasvati sebagai composer. Lagu ‘Sikap Duniawi’ di acara ini dinyanyikan oleh Candil (DS93), Angelia Lao (SI11), dan David Santoso (MA13).

Sebagai penutup atau persembahan terakhir, lagu yang dibawakan adalah ‘Kemenangan Kehidupan’ dengan composer Bubi Sutomo dan aransemen choir oleh Toni P. Sianipar. Lagu ini dibawakan oleh Puspalia Panggabean (SR04) dan Bubi Sutomo (TA84) yang diikuti oleh Vovile Choir secara virtual.

Musik-musik yang digelar pada acara ini merupakan penyemangat bagi keluarga besar ITB pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam menghadapi pandemi Covid-19. Juga terkhusus para tenaga kesehatan dan relawan Covid-19. "Kami ucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah berjuang di garda terdepan dalam melayani masyarakat, bersama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19", tutur Imelda Rosalin di sela-sela acara.

Reporter: Dheamyra Aysha Ihsanti (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download