Mudahkan Akses Menuju Pendidikan yang Semakin Berkualitas, ITB Sediakan Berbagai Program Beasiswa

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) di Indonesia, berkomitmen untuk aktif mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pengembangan tersebut juga merupakan elemen dari misi guna mewujudkan ITB sebagai lembaga penelitian teknologi serta institusi pendidikan terkemuka, tak hanya di Indonesia namun juga dalam kancah global.

Selaras dengan hal tersebut, ITB pun terus berkomitmen untuk terus mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, tidak hanya dalam hal akademik namun juga membangun karakter kecendikiawanan, sesuai dengan nilai A, I, R ITB (Adaptif, Integritas, Rendah Hati, Inisiator Kebaikan, Tangguh Berjuang, dan Berprestasi diridai Tuhan).

Guna meningkatkan peran ITB dalam membangun riset yang lebih unggul serta mengembangkan SDM yang berkualitas, ITB pun senantiasa memberikan berbagai bantuan kepada mahasiswa, salah satunya berupa penyediaan beasiswa.

Beasiswa sendiri merupakan bantuan yang diberikan kepada mahasiswa, dapat berupa beasiswa ekonomi ataupun beasiswa prestasi, demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Pemberian beasiswa dapat berupa biaya Pendidikan, bantuan biaya hidup, bantuan tugas akhir atau dapat pula berupa pemberian barang yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan.

Program beasiswa di ITB umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni beasiswa pemerintah dan beasiswa non pemerintah. Sesuai dengan namanya, beasiswa pemerintah adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Kemudian ada beasiswa non pemerintah atau swasta, yang berasal dari organisasi swasta, lembaga, atau perusahaan yang mempunyai perhatian dan komitmen di bidang pendidikan.

Berdasarkan data, pada tahun 2023 terdapat 12 mitra pemberi beasiswa pemerintah serta ada 66 mitra pemberi beasiswa non pemerintah. Adapun jumlah total penerima manfaat dari beasiswa pemerintah pada tahun 2023 adalah 5.464 orang. Sementara itu, total mahasiswa penerima beasiswa non pemerintah pada tahun 2023 berjumlah 2.143 orang. Sehingga total mahasiswa penerima manfaat, baik dari beasiswa pemerintah maupun non pemerintah berjumlah 7.607 orang.

Selain bantuan berupa biaya pendidikan, terdapat juga dukungan dari mitra non pemerintah berupa penyediaan alat berupa laptop, yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa.

Penerima beasiswa sendiri merupakan mahasiswa aktif ITB yang dengan persyaratan tertentu dan telah disetujui oleh pengelola atau pemberi beasiswa.

Dengan adanya berbagai program beasiswa ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk semakin mendapatkan akses ke pendidikan yang lebih berkualitas.

Para penerima manfaat juga dapat semakin didorong untuk mengasah kemampuan pengetahuannya. Melalui beasiswa, mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilan mereka di bidang tertentu. Selain itu, mahasiswa penerima manfaat juga kerap didorong untuk terlibat dalam proyek atau tugas penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan analitis, berpikir kritis, serta pemecahan masalah. Dengan berbagai pengembangan kemampuan dan daya berpikir tersebut, mahasiswa diharapkan dapat semakin siap menghadapi tantangan kompleks, sebagai fondasi yang kuat bagi kesuksesan mereka di masa yang akan datang.


scan for download