Menjelajah Kantin ITB Ganesha dari Timur Hingga Barat

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Akademik dan gizi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Ketika seseorang memiliki gizi yang baik, potensi kognitifnya akan berfungsi optimal. Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai perguruan tinggi untuk mengembangkan penelitian dan wawasan juga menyediakan kantin sehat sebagai fasilitas pendukung.

Memasuki pintu utama ITB, akan ditemukan kantin KKP yang bersebelahan dengan ATM Center. Kantin ini menyediakan makanan berat seperti bento, nasi kuning, dan nasi goreng. Terdapat juga beberapa jajanan favorit mahasiswa seperti risol, tahu goreng, pastel, dan masih banyak lagi. Tentunya, kantin ini menyediakan minuman baik yang dingin maupun biasa.

Kantin selanjutnya adalah kantin Barrac yang berada di antara Gedung Labtek IX A, IX C, CADL Lama, dan Labtek IX B. Terdapat beragam menu mulai dari makanan rumah, makanan ala Korea, bahkan terdapat minuman susu yang digemari banyak mahasiswa. Kantin ini terletak di lantai 2 serta memiliki tempat outdoor dan indoor sehingga pengunjung dapat memilih sesuai selera.

Jika berjalan ke arah Timur ITB, ada kantin yang dekat dengan Gedung Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Kantin tersebut menjual banyak makanan berat seperti ayam goreng, mi ayam, soto, dan banyak makanan lokal lainnya. Di kantin ini juga terdapat es yang terkenal yaitu Es Sekoteng Pa Oyen yang memiliki beberapa varian.

Bertolak ke Barat, terdapat sejumlah kantin, seperti Kantin SBM, GKUB, dan Labtek V. Di kantin SBM, makanan yang dijual kurang lebih sama dengan kantin lainnya. Namun, terdapat es krim yang rasanya enak dengan harga yang cocok untuk kalangan mahasiswa.

“Menu yang sering dibeli itu ada es krim dan dimsum. Rasa es krim yang menurutku paling enak di sini adalah vanilla,” ucap Restu Khurrotul Ayun, mahasiswa SBM ITB.

Adapun Kantin GKUB berada di lantai dasar dan menjual banyak jajanan seperti makaroni dan pastinya dilengkapi dengan jualan makanan berat. Kemudian, kantin Labtek V menjual makanan berat dan cocok untuk mahasiswa yang ingin memakan masakan rumah.

Masih banyak lagi kantin yang dapat dikunjungi di ITB seperti kantin GKUT, CRCS, Labtek biru, dan kantin kecil lainnya. Semua kantin tersebut sudah menetapkan standar kebersihan, seperti disediakannya tempat sampah. Selain itu, lantai, meja, dan peralatan makan dipastikan bersih agar pengguna merasakan kenyamanan menikmati makanan.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download