Mengenal Program Studi Lewat Open House Pendidikan ITB Tahun 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan Open House Pendidikan ITB 2022 secara hybrid di Sasana Budaya Ganesha dan kanal media sosial ITB setelah 2 tahun dilaksanakan secara daring. Acara ini berlangsung dari Jumat (2/12/2022) hingga Minggu (4/12/2022). Pada hari pertama terdapat tiga mata acara utama, yaitu pembukaan, talkshow berjudul “Pondasi Perkuliahan di ITB”, dan workshop berjudul “Mengenal Diri untuk Menentukan Karir Masa Depan”.

Pembukaan Open House Pendidikan ITB 2022 diadakan di Sasana Budaya Ganesha dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara ini dihadiri oleh Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., selaku Rektor, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr.Techn. Ir. Arief Hariyanto selaku Direktur Direktorat Pendidikan, Dekan fakultas/sekolah di ITB, dan Ir. Anas, M.Sc., dari Universitas Padjajaran. Guru dan siswa yang menghadiri hari pertama acara ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Tangerang, Garut, dan Tasikmalaya.

Rektor Institut Teknologi Bandung memberikan sambutan sebagai pembuka Open House Pendidikan ITB 2022. “ITB kali ini menggunakan format yang inovatif dan menarik. Acara ini sudah dipersiapkan dengan sangat baik karena kami ingin mengundang sebanyak-banyaknya mahasiswa untuk bergabung di ITB. Kami ingin menyatakan, 102 tahun ITB untuk bidang engineering, sains, dan teknologi kami masih yang terbaik. Kami ingin tetap menjadi yang terbaik agar bisa melayani dan memberikn yang terbaik.”

Talkshow dengan judul “Pondasi Perkuliahan di ITB” menjadi mata acara selanjutnya untuk meningkatkan motivasi siswa yang hadir. Pembicara pada talkshow adalah Prof. Dr. Hendra Gunawan dari FMIPA dan Dr. Anggraini Barlian, M.Sc., dari SITH. Kedua pembicara menekankan bahwa tidak ada ilmu yang berdiri sendiri dan pentingnya ilmu dasar seperti matematika dan biologi dalam pengembangan teknologi.


Workshop dengan judul “Mengenal Diri untuk Menentukan Karier Masa Depan” menjadi mata acara terakhir untuk hari pertama Open House Pendidikan ITB 2022. Choqi Isyraqi yang merupakan alumni Program Studi Biologi ITB menjadi pembicara. Choqi Isyraqi menekankan bahwa perlu mengenali diri sendiri sebelum menentukan karier di masa depan.

Reporter: Alvina Putri Nabilah (Biologi, 2019)


scan for download