Mengenal Pengalaman 12 Mahasiswa yang Terpilih sebagai Duta Kampus ITB Tahun 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id--Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB telah menetapkan 12 mahasiswa sebagai Duta Kampus ITB. Mereka yang terpilih adalah mahasiswa/i yang mampu menjadi role model dan figur representatif terhadap profil dan karakter mahasiswa ITB secara umum.

Lantas siapa saja ke-12 Duta Kampus ITB itu, dan bagaiman pengalaman mereka menjadi Duta Kampus ITB?

1. Petra Hizkia Hendrajaya

Petra adalah mahasiswa Teknik Sipil di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. Ia dinobatkan sebagai Duta Digital Communication ITB tahun 2022.

Menjadi Duta Digital Communication membuka pengetahuan saya, tak hanya tentang berbicara di publik, namun membuka pintu-pintu pengetahuan lainnya untuk memperkaya ilmu saya, mulai dari mengasah softskill, mengenal lebih jauh mengenai dunia perbankan, hingga meraih relasi yang baik intra dan ekstra kampus adalah hal yang positif bagi saya dan pengalaman tak terlupakan untuk dapat belajar dan menjadi Duta Kampus ITB. Pengalaman menjadi bagian dari event-event keren di kampus, yang mungkin belum pernah mendengar namanya hingga mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan Bank BUMN terbesar di Indonesia, Bank Mandiri dan Office Tour sebagai Duta Digital Communication adalah sebuah kebanggaan bagi saya untuk memacu semangat lebih lagi dalam meraih cita saya.
Duta kampus merupakan wadah berkembang bagi saya yang sesuai dengan passion saya. Sembari belajar, sembari mengenal kampus ITB tercinta lebih lagi dan berbakti bagi Bangsa, Tuhan, dan Almamater!

2. Christy Emerald Hana Pamela

Christy adalah mahasiswa Rekayasa Hayati - SITH-R. Ia dinobatkan sebagai Duta Digital Communication ITB tahun 2022.

Duta Kampus memberikan kesempatan seluas mungkin bagi saya untuk menjadi wajah utama dari institut terbaik bangsa ini. Wadah untuk aktualisasi diri pun banyak disediakan, seperti menjadi MC di berbagai acara publik maupun internal. Melaluinya, saya bisa menunjukkan bahwa mahasiswa ITB tidaklah selalu seperti yang selama ini masyarakat pikirkan. Banyak dari kami yang juga tertarik dan andal dalam bidang selain akademis. Karir yang akhirnya kami pilih pun tidak selalu melulu tentang teknik. Intinya, kami juga sama seperti manusia lain di luar sana. Bagi saya, kehadiran Duta Kampus setelah hampir 103 tahun ITB berdiri merupakan suatu tonggak sejarah yang luar biasa. Melaluinya, saya dan teman-teman duta lainnya sudah mengembangkan diri dan bermanfaat bagi sesama. Kini, saatnya kamu yang tunjukkan dirimu!

3. I Putu Ferry Wistika

Ferry merupakan mahasiswa Meteorologi - FITB. Ia dinobatkan sebagai Duta Wirausaha ITB tahun 2022.

Duta Kampus ITB adalah tempat yang tepat untuk menempa, menggembleng dan menggodok serta dipersiapkan untuk menjadi amunisi andalan dan orang yang “unik”, disiapkan untuk menjadi yang terbaik dimulai dari hal kecil dan selalu dilatih agar nantinya dapat melangkah maju menjadi pioneer dan teladan sekaligus garda terdepan dalam penyampaian perkembangan kemajuan ITB, memperkenalkan kampus dan kegiatan yang ada di ITB kepada mata dunia serta menjadi role model cerminan profil dan karakter mahasiswa Indonesia. Sebagai Duta Kampus ITB, konsep “Bekerja demi bakti dan pengabdian bukan untuk kemuktian diri” akan selalu saya pegang untuk berkreasi, berbagi dan menginspirasi serta membawa cita Institut Teknologi Bandung untuk mengukir prestasi di ruang masa depan Indonesia melesat ke depan dan meyakinkan saya bahwa saya adalah sang juara.

4. Farahrani Salsabila Chandradewi

Farahrani merupakan mahasiswa Desain Interior, FSRD. Ia dinobatkan sebagai Duta Wirausaha ITB tahun 2022.

Berbicara tentang menjadi Duta Kampus ITB di bidang wirausaha, sekarang saya jadi lebih mengetahui apa saja kegiatan wirausaha di ITB, saya juga sering sharing ke sosial media dan juga teman-teman saya tentang acara wirausaha yang ada di ITB. Kegiatan lain yang telah dijalani antara lain mengunjungi acara BUMN startup day, di sini saya mengetahui banyaknya startup Indonesia yang pastinya sangat keren, disini saya mendapatkan insight baru dan juga ide-ide untuk mengembangkan bisnis saya. Beruntungnya saya mendapatkan kesempatan berharga ini. Duta Kampus ITB, perlahan mengantarkan saya menjauh dari zona nyaman selama ini. Berani untuk tampil, menyampaikan pendapat, juga percaya terhadap diri sendiri, adalah sebagian kecil raihan yang saya dapat sebagai Duta Kampus angkatan pertama sejak ITB berdiri sedari tahun 1920 yang lalu.

5. Raja Parmonang Manurung

Raja adalah mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan, FTTM. Ia dinobatkan sebagai Duta Sustainability ITB tahun 2022.

Duta Kampus ITB adalah amanah yang besar karena harus dapat menjadi representasi mahasiswa ITB dengan baik. Tak hanya itu, saya yang juga merangkap sebagai Duta Kampus Sustainability ITB harus dapat juga membawakan konsep sustainability (keberlanjutan) kepada mahasiswa. Hal ini tidaklah mudah karena konsep keberlanjutan membutuhkan banyak tenaga untuk bisa terwujud. Di sisi lain, sebagai mahasiswa, kebanyakan dari mereka hanya berfokus kepada diri sendiri, tidak pada keberlanjutan dalam konteks sustainability ini. Namun, saya yakin, melalui program Duta Kampus ITB, hal sekecil apapun akan bermakna untuk mencapai tujuan bersama tersebut. Inilah dia, tempatku belajar jauh keluar dari zona nyamanku, tempat saya berkembang, tempat saya bertemu orang-orang hebat, Keluarga Duta Kampus Institut Teknologi Bandung.

6. Zahrah Faridathul Athifah

Zahrah adalah mahasiswa Rekayasa Kehutanan, SITH-R. Ia dinobatkan sebagai Duta Sustainability ITB tahun 2022.

Ketika memasuki dunia perkuliahan, begitu banyak hal yang ingin saya lakukan dan saya capai. Saya memiliki prinsip bahwa sebelum berani keluar dari tingginya tembok-tembok kampus, saya harus latihan dengan keluar dari tingginya tembok-tembok diri saya sendiri, seminimal-minimalnya dengan tidak termakan pada ajakan untuk memilih antara aktivisme & akademik, ini bukan pilihan, namun hal yang harus diseimbangkan dan dioptimalkan.

Berbagai lika liku kehidupan kampus saya jalani. Semester 1-2 saya beranikan diri berkontribusi dan mengambil peran di dunia kemahasiswaan dan kepemimpinan yang diantaranya menjadi Wakil Ketua Angkatan SITH-R 2021, Koordinator Akhwat GAMAIS ITB 2021, Ketua Angkatan paguyuban KMT (Keluarga Mahasiswa Tasikmalaya) ITB, serta beberapa kepanitiaan dan aktivitas lainnya. Keputusan yang cukup nekat di tengah tuntutan akademik yang sangat tinggi. Benar adanya itu merupakan sebuah challenge besar untuk saya, mahasiswa baru ITB yang penuh ambisi dan semangat kala itu. Proses adaptasi antara transisi SMA-kuliah, perkuliahan daring, lingkungan baru, serta manajemen diri dituntut untuk berhasil dilalui.

7. Muhammad Farhan Adam

Farhan adalah mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, SAPPK. Ia dinobatkan sebagai Duta Social Impact Enterprise ITB tahun 2022.

Pengalaman saya menjadi Duta Kampus ITB di bidang social impact enterprise adalah batu loncatan kehidupan saya. Selama saya menjabat, saya merasa semakin dekat dengan kehidupan kampus. Dari mulai menjadi moderator di acara-acara kampus yang ternyata persiapannya penuh perjuangan. Saya dan duta kampus lainnya belajar mengembangkan konten-konten kreatif di media sosial duta kampus. Pengalaman membuat konten adalah sesuatu yang baru bagi saya yang cukup menantang dan menyenangkan. Adanya kolaborasi dengan Ruangguru juga membawa pengalaman yang lebih luas. Saya belajar merasakan bagaimana atmosfer suatu start-up seperti Ruangguru dalam memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia lewat platform mereka. Selain itu saya juga bertemu dengan orang-orang mancanegara di berbagai kegiatan kampus. Pengalaman-pengalaman menjadi Duta Kampus ITB akan terus menjadi bekal bagi saya dimanapun dan kapanpun.

8. Reswara Trista Aulia Candrakanti

Reswara adalah mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi, STEI. Ia dinobatkan sebagai Duta Social Impact Enterprise ITB tahun 2022.

Menjadi Duta Kampus juga membuka banyak pintu bagi saya untuk berkembang di bidang public speaking dan leadership. Saya telah bertemu dengan banyak individu yang menginspirasi yang telah mendorong saya untuk menjadi baik hati dan suka berbagi, yang merupakan sesuatu yang sangat saya sayangi.
Sebagai konklusi, hidup saya dibentuk oleh keinginan saya untuk belajar, mandiri, dan memberi dampak positif bagi orang lain. Sebagai mahasiswa, saya ingin terus tumbuh dan mengeksplorasi peluang baru. Saya berharap untuk membuat perbedaan di dunia dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

9. Yohanes Adrian Biku Pia

Yohanes adalah mahasiswa Teknik Bioenergi dan Kemurgi, FTI. Ia dinobatkan sebagai Duta Budaya dan Well-Being ITB tahun 2022.

Selama menjabat sebagai Duta Kampus ITB, saya sudah diberi kesempatan untuk melakukan hal-hal hebat. Mulai dari menjadi tamu undangan atau perwakilan ITB, menjadi pembawa acara sebagai MC dan Moderator, hingga menjadi pengisi acara ataupun pembicara pada acara-acara besar di ITB maupun di luar ITB. Kegiatan-kegiatan tersebut telah mempertemukan saya dengan sosok-sosok yang hebat yang memberikan banyak inspirasi, telah menjadikan saya mengalami hal-hal hebat yang tidak semua orang bisa rasakan, dan telah memfasilitasi saya untuk berada di tempat-tempat hebat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Sebagian dari mimpi dan harapan masa kecil saya akhirnya menjadi nyata. Jabatan sebagai Duta Kampus ITB mungkin cuma setahun, tetapi pengalaman dan nilai-nilai yang saya peroleh akan dibawa seumur hidup.

10. Angela Sunaryo

Angela adalah mahasiswa Seni Rupa, FSRD. Ia dinobatkan sebagai Duta Budaya dan Well-Being ITB tahun 2022.

Duta Kampus ITB menjadi kesempatan bagi saya untuk mewujudkan impian saya sebagai seorang role model. Sebuah pengalaman penuh roller-coaster yang membuat saya belajar berproses dan pendewasaan diri menjadi sosok ‘duta’ yang diharapkan. Kini saya bangga dan bersyukur dapat mengemban amanah Duta Kampus bidang Budaya dan Well-Being ITB serta mengukir sejarah dengan menjadi keluarga Duta Kampus angkatan pertama semenjak ITB hadir di Indonesia 103 tahun lamanya. Dengan memegang nilai AIR ITB (Adaptif, Integritas, dan Rendah Hati), saya belajar untuk membudayakan budaya Indonesia dan bergerak dalam peran mendukung aspek dan nilai-nilai perwujudan well-being. Dalam perjalanannya, saya juga bersyukur dapat mengenal teman-teman baru yang sangat hebat dan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang mengesankan. Turning my wounds into wisdom, saya tak membiarkan masa lalu menentukan masa depanku. Meski tak sempurna, semoga dari ceritaku kita sama-sama belajar menjadi role model, setidaknya bagi diri kita sendiri. Lantas, saya kan menantikan cerita-cerita inspiratif dari dirimu di masa yang akan datang.

11. Lisa Natalia BR Ginting

Lisa adalah mahasiswa Farmasi Klinik dan Komunitas, SF. Ia dinobatkan sebagai Duta Afirmasi ITB tahun 2022.

Selama menjadi duta kampus khususnya duta afirmasi membuatku banyak belajar, aku bisa bertemu adik-adik yang memiliki latar belakang yang sama sepertiku yaitu dari papua dimana aku harus memberikan mereka semangat dan menjadi kakak untuk mereka. Aku bertemu teman-teman sesama duta kampus yang sangat keren, dan para manajer yang baik. Selain itu, selama menjadi duta aku belajar untuk berani berbicara di depan banyak orang dan berlatih untuk tampil percaya diri melalui pengalaman menjadi MC di berbagai acara, aku juga bisa bertemu orang-orang hebat selama menjadi duta kampus seperti pejabat kampus dan narasumber keren saat menghadiri kegiatan duta kampus. Banyak hal yang aku dapat saat menjadi duta kampus ini, berawal dari rasa tidak percaya diri saat mendaftar duta kampus hingga saat ini aku bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari duta kampus ITB angkatan pertama di ITB.

12. Faizureen Natasha B M I F

Natasha merupakan mahasiswa Farmasi Klinik dan Komunitas, SF. Ia dinobatkan sebagai Duta Antarbangsa ITB tahun 2022.

Becoming an ITB Campus Ambassador is not just about becoming a role model for others or promoting the campus to all over the world, but it is also about finding our true sense of purpose in life and reconnecting with that inner-self while carrying out the duty as a campus ambassador. Nothing comes easy in life, therefore to seek things that the heart desires most, one has to pass through all the hurdles in life to reach that final destination. The road on the way to the final point will not come easy, but it is important to enjoy every moments that will eventually lead us to finding the purpose in this lifetime.


scan for download