Mahasiswa ITB Raih Penghargaan di Huawei ICT Competition Asia Pacific 2023-2024, Jadi Wakil Indonesia untuk Tingkat Dunia

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Tim Network ITB meraih Grand Prize untuk kategori Network Track.

BANDUNG, itb.ac.id – Dua tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan dua penghargaan bergengsi di Huawei ICT Competition Asia Pacific 2023-2024. Pengumuman juara kompetisi ini digelar di Kantor Pusat ASEAN, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Tim Network ITB meraih Grand Prize Practice Competition “Network Track” dan Tim Cloud ITB meraih First Prize Practice Competition “Cloud Track”. Seluruh mahasiswa tersebut berasal dari program studi Teknik Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB.

Tim Network ITB terdiri atas Ribka Tiarma, Helmi Ahmad Khaderani, dan Yeremias Mangu. Tim ini dibimbing Ibni Inggrianti, asisten akademik dari prodi Teknik Telekomunikasi. Sementara itu, Tim Cloud ITB terdiri atas Nissha Kinaya Maureen Sibayak, Bevan Julio Krisna, dan Dennys Yudhystira Hutapea, dengan bimbingan dari Abdul Latif, S.T., M.T.

Tim Cloud ITB meraih frist prize untuk kategori Cloud Track.

Kompetisi ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan talenta digital dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mahasiswa di bidang TIK. Gelaran ini diikuti oleh lebih dari 6.400 mahasiswa dari 14 negara dan kawasan di Asia-Pasifik. Terdapat empat kategori yang dikompetisikan, yaitu Network Track, Innovation Track, Cloud Track, dan Computing Track.

Adapun empat perguruan tinggi yang mendapatkan grand prize untuk masing-masing kategori tingkat Asia Pasifik tersebut, yakni:

1. Network Track: ITB
2. Innovation Track: Cebu Institute of Technology
3. Cloud Track: Singapore Polytechnic
4. Computing Track: I-Academy Filipina

Adapun 16 tim dari Malaysia, Indonesia, Vietnam, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Bangladesh, Sri Lanka, serta Hong Kong dan Makau dari China mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama, kedua, dan ketiga di masing-masing kategori yang dikompetisikan.

Tim Network ITB dan Tim Cloud ITB beserta para juara lain yang mewakili wilayahnya masing-masing akan maju ke tingkat dunia dalam ajang "Global Final of the Huawei ICT Competition" yang rencananya digelar di Shenzhen, China, pada Mei 2024.

Pencapaian luar biasa ini menjadi bukti nyata komitmen ITB dalam mengembangkan talenta muda di bidang TIK. ITB selalu mendorong mahasiswanya untuk belajar dan berkembang di era digital.


scan for download