Mahasiswa ITB Menangkan Penghargaan di Anugerah Musik Indonesia 2022

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

BANDUNG, itb.ac.id—Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) memenangkan ajang penghargaan musik Indonesia 2022. Adalah Jinan Laetitia atau kerap dipanggil Jinan (Seni Rupa, 2019). Ia mendapatkan piala penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik di Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards 2022).

Jinan saat ini tengah menyelesaikan studinya di Seni Rupa Studio Kajian. Lahir dari keluarga pemusik menjadikan Jinan sudah tidak asing dengan seni musik sejak kecil. Dalam wawancara bersama Tim Humas ITB, Jinan menyampaikan bahwa kegemarannya dengan musik berawal dari ayahnya yang sering memutar musik jazz di rumah dan lantunan musik piano. “Ayah aku seorang keyboardist dan sering muter lagu jazz jadi sudah terbiasa dengan musik sejak kecil,” ungkap Jinan.

Tahun 2019 menjadi titik awal Jinan bermusik. Berawal dari gubahan lagu menggunakan ukulele kesayangannya menjadikannya bermusik di bawah label musik Warner Musik Indonesia. Lagu ciptaannya juga mendapat respons baik dari orang sekitarnya sehingga semakin memotivasi Jinan untuk mengembangkan karyanya. Setelah beberapa lagu yang Jinan ciptakan ternyata didengar oleh label musik Warner Music Indonesia dan dikontrak hingga saat ini.

“Awalnya iseng bikin lagu pake Ukulele terus diunggah di Soundcloud dan aku share ke teman-teman. Mereka suka dan nyaranin untuk diunggah di Spotify,” ucap Jinan.

Dalam wawancara, Jinan mengungkapkan bahwa dirinya tidak berpatok pada genre musik. Jinan hanya ingin menciptakan lagu yang dirasa memiliki instrumen yang menarik dan enak dinyanyikan. Hingga akhirnya, dia menjadi nominasi Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer di AMI Awards 2022. Dari sinilah Jinan menyadari jenis musik yang dia ciptakan R&B Kontemporer dan menjadikan single “Vanilla” memenangkan penghargaan tersebut.

Di tengah kesibukan menjalani mahasiswa tingkat akhir, tidak membatasinya untuk berkarya. Jinan mengungkapkan bahwa akan meluncurkan single terbarunya yang direncanakan mulai melakukan proses syuting di Januari 2023. Beberapa tawaran pertunjukan juga sedang dia jalani. Selain itu, setelah lulus kuliah Jinan mencoba memfokuskan untuk menekuni musik dan kajian seni.

Just do what you love. Jangan terpaku pada apa yang kita pelajari di kuliah aja. Dunia kerja tidak statis dan apa yg kita pelajari hanya jadi basis pikiran kita, selebihnya kita yang menentukan mau kemana arah dan tujuan kita,” pesannya.

Reporter: Pravito Septadenova Dwi Ananta (Teknik Geologi, 2019)

Foto: Dok.  Jinan Laetitia


scan for download