Mahasiswa ITB Menang Kontes XML Challenge Superstar

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dua mahasiswa ITB, Hafni Syaeful Sulun dan Garibaldi Mukti masing-masing menjadi juara nasional The XML Challenge Superstar. Dalam lomba pemograman atas prakarsa IBM ini, Hafni (IF'05) menjuarai kategori Query Challenge, sedangkan Garibaldi beroleh juara di kategori Programming Contest. 
Lomba XML Challenge Superstar diselenggarakan via internet dan bertujuan untuk menjadi ajang bagi mahasiswa dan professional untuk lebih memahami perangkat open source, xml dan manajemen basis data sekaligus meningkatkan kemampuan teknis dalam bidang ini.

XML Challenge Superstar diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari berbagai negara ASEAN yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Dalam mengikuti lomba, setiap peserta wajib melengkapi Quick Quiz sebelum akhirnya berkompetisi sesuai kategori kontes yang diminati yakni kategori Video Mania, Query Challenge dan Programming Contest. Pemenang lomba pada masing-masing kategori diputuskan oleh dewan juri dari IBM.

Dari setiap kategori, IBM akan memilih pemenang untuk tingkat negara (country) dan untuk tingkat Asean. Setiap kategori memiliki kriteria penilaian yang berbeda. Untuk programming contest misalnya, penentuan pemenang dilakukan dengan melihat aspek Utility, Reusability, Consumability, Security dan Technical Innovation.

Bagi para pemenang lomba, IBM memberikan berbagai jenis hadiah seperti iPod Nanos, iPhone, Nintendo Wii dan bahkan perjalanan mengunjungi laboratorium IBM di luar negeri.

scan for download