Mahasiswa ITB Dominasi Juara ONMIPA-PT 2009

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2009 yang diselenggarakan oleh DIKTI pada bulan Mei-Juni ini, mahasiswa ITB paling banyak menjadi juara. DIKTI menyelanggarakan kegiatan ini untuk mempersiapkan tim Indonesia menghadapi kompetisi sains internasional seperti International Scientific Olympiad in Chemistry (ISOC), International Scientific Olympiad in Mathematics Chemistry (ISOC) dan International Mathematics Competition (IMC).

ITB memborong juara untuk ONMIPA-PT 2009 bidang Kimia. Juara I diraih oleh Muhammad Zulqarnaen, mahasiswa TPB 2008 ITB. Posisi kedua ditempati oleh R. Aditya W dan peringkat ketiga oleh Habiburrahman, keduanya mahasiswa Kimia ITB angkatan 2007. Para juara ditambah dengan peringkat keempat dan kelima, Tegar Nurwahyu Wijaya (TPB ITB) dan Muh. Idham DM (UGM) melengkapi lima orang anggota tim Indonesia dalam ISOC yang akan dilaksanakan di Iran.

Yosafat Pangalia dan M Arzaki menempati posisi kedua dan ketiga ONMIPA-PT bidang Matematika. Yosafat dan Rudi Adha akan turut menjadi anggota tim Indonesia ke IMC ke Budapest. Sedang M. Arzaki akan menjadi anggota tim Indonesia ke ISOM.
Thomas Alfa Edison dari Fisika ITB menjadi juara III ONMIPA-PT 2009 Bidang Fisika.

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) 2009 diikuti oleh institusi pendidikan tinggi seluruh Indonesia, meliputi bidang Kimia, Fisika dan Matematika.

Peserta olimpiade ini dimulai dari seleksi tingkat perguruan tinggi dan seleksi regional. Dari hasil seleksi tersebut ditambah dengan juara pertama, kedua, dan ketiga OSN-PTI yang telah terlebih dahulu diselenggarakan, terpilih 23 orang peserta yang akan mengikuti pembinaan bidang Kimia dan 22 peserta bidang Matematika. Pada para peserta terbaik bidang Kimia dan Matematika ini, DIKTI menyelenggarakan pembinaan intensif selama satu bulan dari tanggal 25 Mei hingga 19 Juni 2009. Pembinaan dipusatkan di Hotel Isola Resort dan Male Dormitory Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Sumber: www.fmipa.itb.ac.id


scan for download