Mahasiswa Desain Interior ITB Torehkan Prestasi Gemilang di Ajang AYDA 2022/2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

VIETNAM, itb.ac.id — Mahasiswa Desain Interior ITB, Arya Putra, dinobatkan menjadi Designer of the Year dalam kompetisi desain interior Asian Young Designer Awards (AYDA) 2022/2023 di Vietnam, 13-14 Juli 2023. Sebelumnya, Arya memenangkan gold award pada kompetisi Indonesia Young Designer Awards, sehingga ia berkesempatan mewakili Indonesia dalam kompetisi AYDA 2023.

Karya yang Arya bawakan dalam ajang ini adalah Silih Hub, yang bertema social economic hub di Kampung Kota Lebak Siliwangi Bandung, sebagai delineasi perancangan. Desain yang diusung adalah memfasilitasi kegiatan ekonomi warga lokal, sekaligus tetap memperhatikan interaksi sosial yang terjalin.

Arya memiliki ketertarikan untuk membawakan isu tentang kampong kota, termasuk potensi dan permasalahan yang ada. Kemudian hal tersebut dituangkan ke dalam bentuk desain ke ranah kompetisi internasional. Harapannya adalah terdapat peningkatan awareness masyarakat luas, sekaligus pada desainer terkait isu kampung kota.

Meski begitu, dalam proses serta riset perancangan Silih Hub, terdapat hambatan serta tantangan yang Arya rasakan. Terutama dalam Manajemen waktu. Menurutnya kesibukan akademik magister dan menjadi asisten dosen menjadi kendala yang dia hadapi. Namun, dia pun berhasil mengatasinya dengan menetapkan skala prioritas kegiatan.

Arya mengakui bahwa banyak dukungan yang ia dapatkan selama mengikuti kompetisi ini. “Banyak orang yang involve di project ini menjadi project yang sempurna dan utuh. Sebelum aku berangkat ke Vietnam, aku banyak latihan presentasi di depan teman-teman aku, baik di interior bahkan di arsitektur,” jelasnya.

“Banyak orang-orang lain yang membantu dari proses ambil data, riset, sampe proyeknya jadi. Aku say thank you kepada semua walau aku enggak bisa sebut satu-satu,” lanjutnya.

Dia pun berharap, teman-teman mahasiswa desain tidak hanya mementingkan visual estetika semata. Tetapi juga mempertimbangkan fungsionalitas desain yang dihasilkan.

“Sehingga desain yang diciptakan memiliki dampak positif untuk warga lokal yang tinggal dan berkomunitas di sana,” pungkasnya.

Reporter : Mirmanti Cinahya Winursita (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download