Layanan Perpustakaan ITB untuk Kembangkan Studi

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Pascasarjana dan Profesi 2024, yang salah sesisnya membahas Layanan Perpustakaan, Senin (29/1/2024). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan ITB, Ena Sukmana S.Sos.

ITB memiliki perpustakaan di ITB Kampus Ganesha, Cirebon, maupun Jatinangor.

Perpustakaan di ITB Kampus Jatinangor berada di Digital Library (Gedung ITB-Korea Cybersecurity R & D) Lantai 1. Waktu layanannya pada Senin-Kamis, pukul 08.00-15.30 WIB. Pada hari Jumat, perpustakaan dibuka pukul 09.00-16.00 WIB. Di perpustakaan tersebut terdapat koleksi buku Tahap Persiapan Bersama (TPB), textbook, majalah/jurnal, dan tugas akhir.

Adapun layanan yang ditawarkan salah satunya layanan peminjaman multikampus. Syarat untuk menjadi anggota perpustakaan ini adalah mengikuti orientasi perpustakaan dan memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) aktif. Mekanisme peminjaman multikampus dapat dilakukan setelah sivitas akademika memesan melalui webpac. Kemudian, petugas perpustakaan akan mencari dan mengirimkan buku ke perpustakaan Jatinangor. Peminjam lalu dikirimkan surel jika buku sudah sampai di ITB Kampus Jatinangor. Apabila sudah selesai dipinjam, peminjam harus mengembalikan buku ke Perpustakaan ITB Kampus Jatinangor.

Sementara itu, Perpustakaan di ITB Kampus Cirebon berada di Gedung Multifungsi A lantai 2. Waktu layanannya pada Senin-Jumat pukul 08.00-15.30 WIB. Koleksi buku saat ini merujuk pada program studi yang ada di ITB Kampus Cirebon beserta koleksi tugas akhir. Sivitas akademika dapat meminjam lima buku secara langsung dengan lama pinjaman satu minggu.

Adapun Perpustakaan Pusat ITB berlokasi di ITB Kampus Ganesha yang berlokasi di Gedung Perpustakaan T.P. Rachmat II. ITB pun memiliki sejumlah perpustakaan di lingkungan fakultas/sekolah dan program studi. Sivitas akademika yang ingin memeriksa koleksi buku dapat mengakses situs perpustakaan ITB (https://lib.itb.ac.id/).

Koleksi buku diklasifikasikan berdasarkan Dewey Decimal Classification (DDC) yaitu sistem persepuluhan seluruh ilmu pengetahuan yang dibagi menjadi sepuluh kelas utama. Nomor ini akan dijadikan acuan dalam penyusunan buku di rak. Koleksi yang tersedia berupa Koleksi Mingguan/Koleksi Kerja, Koleksi TPB, Koleksi Rujukan/Referensi, Koleksi American Corner, Koleksi Indonesia Nation Building Corner, Koleksi Majalah/Jurnal, Koleksi Umum, dan Koleksi Khusus.

“Saat ini kami menganjurkan untuk melakukan transaksi peminjaman secara mandiri dengan mesin APM (Anjungan Peminjaman Mandiri),” ujar Ena Sukmana. S.Sos.

Mahasiswa dapat memperpanjang masa pinjam melalui situs perpustakaan ITB dengan syarat buku tidak terlambat dikembalikan dan tidak sedang dipinjam mahasiswa lain. Mahasiswa juga dapat mengakses layanan pesan pinjam buku pada situs tersebut apabila ketersediaan buku berjumlah 0. Lama masa peminjaman dan kuota pinjam berbeda berdasarkan jenis koleksi buku. Total pinjaman per mahasiswa adalah 10 buku.

Perpustakaan ITB juga menyediakan koleksi digital. Akses perpustakaan digital dapat dilihat di https://digilib.itb.ac.id/. Perpustakaan melakukan layanan ini hingga pukul 19.30 WIB untuk periode perkuliahan dan pada periode libur semester dibuka hingga pukul 16.00 WIB.

Selain itu, terdapat tiga zona perpustakaan, yaitu zona hening, zona tenang, dan zona diskusi. Fasilitas lain yang disediakan adalah akses hotspot di seluruh lantai dengan menggunakan ITB Hotspot atau Eduroam. Buku elektronik yang disediakan perpustakaan ITB berupa E-Book, E-Journal, Indexing and Abstracting Database,dan Aggregated Database. Akses ini dapat digunakan di dalam kampus maupun luar kampus menggunakan OpenVPN ITB, jaringan internet ITB, dan via LAN. Untuk luar kampus, dapat diakses melalui Remote Access.

“Perpustakaan ITB merupakan partner rekan-rekan dalam studi dan penelitian, manfaatkan dengan bijak koleksi yang telah disediakan di perpustakaan agar dapat membantu studi di ITB,” tutur beliau.

Tayangan lengkapnya dapat disaksikan di YouTube Institut Teknologi Bandung.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)


scan for download