Lahan Luas dan Fasilitas Mencukupi, Mahasiswa TPB 2023 Menikmati Perkuliahan di ITB Kampus Jatinangor

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id - Perjalanan akademik mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) tahun 2023 di ITB Kampus Jatinangor dimulai sejak 21 Agustus 2023. Semangat serta antusiasmenya terlihat begitu tinggi. Lingkungan kampus yang baru memberikan kesan positif, terutama bagi mahasiswa TPB 2023.

Dengan luas lahan sekitar 47 hektare, ITB Kampus Jatinangor memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk belajar dan beraktivitas dengan nyaman. Selain itu, terdapat fasilitas yang memadai yang menjadi nilai tambah dalam mengembangkan potensi akademik dan nonakademik mereka.

Salah seorang mahasiswa TPB 2023, Sabila Fauziyah (FMIPA, 23) berbagi pengalamannya terkait ITB Kampus Jatinangor. "Terkait kampus Jatinangor, kebetulan aku pernah ke Kampus Ganesha sebelumnya, ada perbedaan memang, yang terasa itu dari perbandingan luas daerah. Kampus Jatinangor terasa lebih lega dan tidak terlalu padat mahasiswanya sehingga proses di luar kelas masih didukung dengan ruang gerak yang masih sangat bebas. Terkait fasilitas kampus, walaupun belum selengkap Kampus Ganesha, tetapi sudah sangat cukup untuk menunjang perkuliahan mahasiswa baru di Kampus Jatinangor," ujarnya, Sabtu (09/09/2023).

Selain itu, mahasiswa TPB merasakan dukungan luar biasa dari para dosen ITB. Dosen-dosen tersebut memberikan kontribusi yang baik dalam proses pembelajaran. Para dosen membantu mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru.

Salah satu aspek yang mencuri perhatian mahasiswa TPB adalah pendekatan inovatif dalam pembelajaran. Terdapat mata kuliah kolaboratif seperti Perancangan Rekayasa dan Desain (PRD), Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKI), Bahasa Inggris, dan Pengenalan Komputasi yang memperkenalkan kecerdasan buatan (AI) sejak awal. Hal tersebut memberikan bekal pengetahuan yang lebih luas sebelum memasuki program studi yang akan dipilih.

"Aku secara pribadi merasa bahwa pemindahan TPB ke kampus Jatinangor ini merupakan langkah awal yang positif bagi ITB. Semoga komitmen ini bisa diikuti oleh pengembangan fasilitas yang terus memadai dan mendukung kelancaran proses perkuliahan di Kampus Jatinangor. Dengan demikian, kami yakin hal ini akan terus memberikan dampak positif, bukan hanya bagi civitas akademik ITB, termasuk mahasiswa baru ITB, tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara lebih luas," ujarnya.

Dengan semangat dan antusiasme yang demikian, mahasiswa TPB 2023 siap menjalani perjalanan akademik yang menanti di depan. Dengan tekad untuk mencapai prestasi akademik yang gemilang dan motivasi memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa, mahasiswa TPB 2023 siap memulai perjalanan dedikasinya untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater.

Reporter dan Dokumentasi: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufal H.


scan for download