Kursus Dua Hari: Sistem Proteksi terhadap Sambaran Petir

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Bandung, itb.ac.id-Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) mengadakan Kursus Dua Hari bertajuk “Lightning Protection and Grounding Systems” pada hari Rabu-Kamis (20-21/06)di ruang Annex lantai III. Acara ini merupakan hasil kerjasama ITB dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kursus ini menghadirkan Dr. Gerad Berger, salah satu staf pengajar dari Universite Jean Monnet- Saint Etienne, Perancis dan Dr. Reynaldo Zoro, staf pengajar STEI dari Teknik Tegangan dan Arus Tinggi. Kursus ini merupakan salah satu program Continuing Program STEI dalam ruang tertutup, sehingga reporter www.itb.ac.id tidak dapat mengambil gambar terselenggaranya acara.
Kursus yang berlangsung sederhana dan tenang ini pada hari Rabu (20/06) kemarin, berlangsung pukul 08.30-16.30 WIB. Kursus ini mengundang wakil-wakil dari kalangan industri seperti PT. Pupuk Kujang, Pusdiklat Migas CEPU, PT. Krakatau Daya Listrik. Sebanyak tujuh belas orang pria hadir dalam kursus ini, dari delapan belas orang yang terdaftar. Para wakil yang datang terlihat intens mendengarkan materi-materi yang disampaikan oleh kedua pembicara.
Materi-materi yang disampaikan Dr.Gerard Berger antara lain Lightning Mechanism and Lightning Prameter, Damage Caused by Lightning due to Direct Strikes, Lightning Interception Modeling, Lightning Protection System Standards Principles and Risk Management. Menurut pria bertubuh besar dan tinggi ini, petir mampu membahayakan keselamatan manusia dan membawa kerugian yang sangat besar bagi industri. “Biarpun Anda berada pada puncak bangunan, resiko terkena petir masih sangat besar,” jelas beliau lagi.
Sementara itu, Dr. Reynaldo Zoro memberikan materi Sistem Proteksi terhadap Bahaya Sambaran Langsung pada Bangunan dan Instalasi, Sistem Grounding pada Instalasi, Bangunan dan Industri, Sistem Grounding dan Bonding untuk Peralatan di dalam Bangunan, Sistem Proteksi Internal untuk Instalasi dan Peralatan dalam Bangunan dan Struktur, Sistem Proteksi Petir dan Grounding pada Menara dan Instalansi. Bahaya sambaran petir bisa dikurangi dampaknya dengan menggunakan konduktor pada tiap lima meter kedalaman bangunan industri. Dampak yang direndam lebih baik daripada penggunaan alat penangkal petir, yang hanya menahan bahaya sambaran sekitar 25% saja.

scan for download