Kunjungi PT Paragon Technology and Innovation, Mahasiswa Jurusan Kewirausahaan ITB Belajar Berinovasi

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


TANGERANG, itb.ac.id—Mahasiswa Jurusan Kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) melakukan kunjungan ke PT Paragon Technology and Innovation di Tangerang, Kamis (14/5/2023). Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan gambaran secara langsung kepada para mahasiswa mengenai proses bisnis PT Paragon Technology and Innovation dari hulu ke hilir.

Sebagai informasi, PT Paragon Technology and Innovation atau yang selama ini dikenal Paragon adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) sektor kosmetik yang didirikan oleh Dr. apt. Nurhayati Subakat yang merupakan alumni ITB pada tahun 1985. Paragon kini memimpin pasar kosmetik lokal dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak calon pengusaha.

Rombongan mahasiswa jurusan kewirausahaan tersebut diterima langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat. Selama kunjungan tersebut, Salman turut mempresentasikan perjalanan Paragon, nilai-nilai inti perusahaan, dan bisnis prosesnya.

Presentasi tersebut menggambarkan pola pikir kewirausahaan Paragon, yang menekankan pentingnya adaptabilitas, ketahanan, dan pembelajaran berkelanjutan dalam lanskap bisnis yang dinamis saat ini.

Para mahasiswa diajak menjelajahi kantor PT Paragon Technology and Innovation yang modern. Perjalanan dimulai dari laboratorium riset dan pengembangan, perancangan dan pengetesan produk, pusat pengemasan, hingga hall of fame yang memamerkan berbagai produk hasil inovasi produksi setiap lini Paragon saat ini, serta poster-poster penelitian tim Paragon yang telah diterbitkan.

Tim manajemen juga menjelaskan bagaimana PT Paragon Technology and Innovation mengembangkan proses inovasi yang terstruktur dan membuat produk yang terus menyesuaikan kebutuhan pasar.

Dia menjelaskan bahwa kini semakin banyak variasi baru yang hadir, sebab masyarakat khususnya kaum hawa semakin menyadari kebutuhan akan kosmetika. Maka dari itu, Paragon terus berinovasi untuk memenuhi kemauan pangsa pasar.

“Kami juga sangat memperhatikan langkah produksi. Kami sangat menekankan bahwa setia langkahnya harus sangat teliti dan hati-hati, sesuai asas kesehatan dan keselamatan kerja,” tambah Salman.

Salman berharap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami dan mengimplementasikan ilmu yang didapat serta dapat terus berinovasi di mana pun mahasiswa bekerja nantinya.

Dia pun menekankan mahasiswa perlu untuk berpikir kreatif, agile, dan tangkas melihat setiap peluang untuk dapat melahirkan inovasi dalam upaya memenuhi keinginan pangsa pasar yang kian berkembang setiap masanya.

Reporter: Bashravie Thamrin (Manajemen, 2024)


scan for download