KMSR ITB Gelar Try Out Portofolio Sebagai Wadah Persiapan Masuk FSRD ITB

By Anggun Nindita

Editor -

Suasana Try Out Portofolio KMSR ITB (Dok. Nazwa Nabiila)

BANDUNG, itb.ac.id - Departemen Sumber Daya dan Keilmuan (SDK) Keluarga Mahasiswa Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (KMSR ITB) menggelar acara Try Out Portofolio masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB untuk siswa-siswi SMA dan sederajat seluruh Indonesia. Agenda ini dimulai sejak Kamis (1/2/2024) hingga puncak acaranya pada Sabtu (2/3/2024).

Acara tersebut dilaksanakan dalam dua rangkaian, yaitu pre event yang melaksanakan try out gambar suasana secara daring. Kemudian di main event yang terdapat acara talkshow, workshop, booth 5 HMJ FSRD ITB, dan Pasar Senggol yang diselenggarakan secara luring di Center for Art, Design, and Language (CADL), ITB Kampus Ganesha, Bandung.

Ketua Divisi Pengelolaan Keilmuan sekaligus ketua kegiatan tersebut, Jessica Sendjaja (DI’21), mengatakan tujuan aktivitas ini adalah untuk mendukung para siswa-siswa berjuang agar bisa masuk ke FSRD ITB.

“Kami sebagai mahasiswa yang sudah berhasil melewati tahap portofolio masuk perguruan tinggi ingin membantu dan menyediakan wadah bagi para siswa-siswi yang sedang berjuang. Kami paham bahwa banyak sekali teman-teman yang sedang berjuang tetapi tidak memiliki akses untuk mengikuti les atau mencari rekan untuk bertukar informasi,” ujarnya.

Try out gambar suasana dilaksanakan secara daring pada tanggal 1-10 Februari 2024, diikuti oleh 373 peserta dari seluruh Indonesia yang sedang mempersiapkan diri untuk membuat portofolio jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. Peserta juga mendapatkan materi dan mentoring yang dapat mendukung pengerjaannya.

Suasana booth 5 HMJ pada puncak acara Tryout KMSR ITB (2/2/2024) (Dok. Nazwa Nabiila)

Puncak acara dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024, dihadiri oleh siswa-siswi SMA dan sederajat yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Bahkan beberapa siswa juga berasal dari luar kota.

Salah satu agenda di puncak acara adalah talkshow pembahasan hasil try out dan materi dengan topik “Berkarya Sebagai Mahasiswa FSRD” yang dibawakan oleh Dewi Zahra Safitri (SR’21) dan Akmal Maulana (DKV’21). Ada pula workshop gambar still life yang dibawakan oleh Muhammad Rafli Aulia (SR’22) dan Akmal Adi Nugroho (DKV’21).

Kemudian ada pula booth dari 5 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) FSRD ITB yang memamerkan berbagai kegiatan akademik dan non akademik, sekaligus menjadi wadah berinteraksi dengan pengunjung. Selain itu terdapat juga Pasar Senggol, di mana para pengunjung dapat membeli produk-produk yang merupakan hasil karya dari KMSR ITB.

Pengunjung pun merasa antusias dengan adanya acara tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Ima dan Gifa, yang berasal dari sebuah SMA di Bandung. Menurut mereka acara ini sangat berkesan dan dapat memberikan motivasi agar semakin dekat untuk menuju ITB sebagai kampus impiannya.

Reporter : Nazwa Nabiila (Desain Interior,2021)


scan for download