KKN Tematik ITB Usung 5 Tema Pengabdian Masyarakat

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

*Peserta KKN Tematik ITB 2022 melakukan mobilisasi ke bus sebelum berangkat ke Cirebon (Foto: Camilla Rosanti)


BANDUNG, itb.ac.id—Setiap tahun, Institut Teknologi Bandung rutin menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tahun ini, sebanyak kurang lebih 155 mahasiswa mengikuti KKN Tematik ITB 2022 yang akan dilaksanakan di Desa Geyongan dan Desa Kebonturi di Cirebon.

Dengan jargon "Bersinergi Membangun Negeri", KKN Tematik ITB tahun ini mengusung 5 tema program yang akan dirancang dan diimplementasikan di kedua desa tersebut. Kelima tema tersebut di antaranya sanitasi dan perairan, persampahan, bisnis, kelembagaan, dan wisata. KKN Tematik ITB 2022 akan berlangsung selama kurang lebih 3 minggu dari 23 Juli hingga 14 Agustus 2022.

Selain KKN Tematik, tahun ini juga terdapat KKN Kolaborasi yang bekerja sama dengan Universitas Brawijaya. Berbeda dengan peserta KKN Tematik yang berlokasi di Cirebon, peserta KKN Kolaborasi akan melaksanakan program yang telah dirancangnya selama sebulan ke belakang di Lumajang, Jawa Timur. Peserta KKN Kolaborasi ini melakukan keberangkatan ke wilayah Jawa Timur pada Minggu (24/7/2022) dari Cirebon.

Dengan menggunakan 3 bus dan beberapa kendaraan pribadi berupa sepeda motor, peserta sekaligus panitia memulai keberangkatan pada pukul 08.00 WIB. Sebelum berangkat, ketua KKN Tematik ITB 2022, M. Sayyid Hawa, beserta panitia lainnya melakukan pengarahan kepada peserta agar rangkaian acara selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. Tak lupa peserta dan juga panitia berdoa sebelum akhirnya melakukan mobilisasi ke dalam bus.

Sebelum masing-masing kelompok memulai program yang telah direncanakan berdasarkan tema yang sudah dipilih, seluruh kelompok melakukan kegiatan outbound terlebih dahulu selama 2 hari, yaitu pada Sabtu (23/7/2022) hingga Minggu (24/7/2022). Setelah itu, rangkaian acara KKN Tematik ITB 2022 akan diserahkan kepada masing-masing kelompok sesuai dengan apa yang telah direncanakan selama kurang lebih satu bulan ke belakang.

Pelaksanaan KKN Tematik ITB 2022 tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan sesering mungkin. Para peserta KKN Tematik ini berkumpul di Lapangan Basket ITB sejak pukul 06.00 WIB pada Sabtu (23/7/2022) untuk keberangkatan menuju lokasi.

Reporter: Camilla Rosanti Budimansyah (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2020)


scan for download