Kisah Inspiratif Patar Putra Natama Nainggolan Penerima Dean's List FTSL ITB 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

   

JATINANGOR, itb.ac.id - Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (FTSL ITB) menyelenggarakan serangkaian acara Pengenalan Prodi dan Pertemuan Dosen Wali bagi Mahasiswa FTSL Angkatan 2023 di Ruang K2.9657, Gedung GKU 2, ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (16/09/2023). Dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat sesi penghargaan untuk mahasiswa penerima Dean's List FTSL ITB 2023.

Total terdapat 47 mahasiswa penerima penghargaan Dean's List FTSL ITB 2023 dengan 15 mahasiswa dari program studi Teknik Sipil, 9 mahasiswa program studi Teknik Lingkungan, 2 mahasiswa program studi Teknik Lingkungan Internasional, 8 mahasiswa program studi Kelautan, 7 mahasiswa program studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan 6 mahasiswa program studi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air.

Patar Putra Natama Nainggolan, salah seorang penerima penghargaan Dean's List FTSL 2023 dari program studi Teknik Sipil mengatakan, “Terpilih menjadi salah satu mahasiswa Teknik Sipil yang mendapatkan penghargaan Dean's List di tahun 2023 tentunya menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi saya. Untuk bisa berkuliah dan belajar di Institut Teknologi Bandung saja saya sudah sangat bangga, apalagi bisa berhasil mendapatkan penghargaan Dean's List ini. Semua ini tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga saya serta teman-teman saya.”

Patar mengatakan, berkuliah bersama mahasiswa-mahasiswi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia dan diajari dosen-dosen sangat berkompeten di bidangnya merupakan sebuah kesempatan yang belum tentu bisa didapatkan semua orang. Oleh karena itu, dia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya untuk berkuliah di Teknik Sipil ITB.

Dirinya juga bercerita bahwa masa kuliah adalah masa yang cukup berkesan dan berarti dalam kehidupannya. Di awal bangku SMP, dirinya merupakan siswa yang pemalas sehingga kurang bisa mengikuti pembelajaran di sekolah. Hal ini membuatnya pernah mendapatkan surat panggilan orang tua dari sekolah karena hampir tinggal kelas dan disarankan pindah sekolah oleh wali kelasnya semasa SMP.

“Jika mengingat kembali raut wajah kedua orang tua saya ketika mengetahui berita tersebut, membuat saya menjadi tersadar dan memiliki tekad untuk berusaha memperbaiki segala kesalahan saya. Sejak saat itu, saya selalu berusaha untuk bisa membanggakan kedua orang tua saya lewat prestasi-prestasi yang saya dapatkan di sekolah,” ucap Patar.

Patar mengenang nasihat yang pernah disampaikan orang tuanya, “Prestasi yang kamu dapatkan adalah suatu kebanggaan bagi kami dan juga merupakan sebuah bekal bagimu untuk menjadi manusia yang berguna kelak.”

Kalimat tersebut menjadi motivasi besar dalam kehidupannya dan hal ini juga membuatnya semakin tersadar akan peran kedua orang tua yang sangat berdampak besar bagi pertumbuhan dan kehidupan anak-anaknya.

Mahasiswa yang berasal dari sebuah kota di Sumatera Utara ini harus beradaptasi dengan lingkungan yang ada di Kota Bandung. Di awal perkuliahan cukup membuatnya kesulitan beradaptasi terutama ketika berbicara. Namun, dia selalu didukung teman-teman kelas yang selalu menghargainya.

“Lingkungan kelas yang suportif inilah yang membuat saya beserta beberapa teman saya berhasil mendapatkan penghargaan Dean's List,” ujar Patar.

Patar berpesan agar jangan pernah takut bermimpi besar karena sesuatu yang besar berawal dari mimpi yang besar juga. Oleh karena itu, selalu jadikan semangat nomor 1 dalam memulai segala kegiatanmu.

“Jangan pernah ragu untuk mengambil segala keputusan dalam kehidupan karena daripada ragu lebih baik pulang. Tetap semangat dan tetap rendah hati serta selalu andalkan Tuhan dalam segala urusan. God Bless Us,” tutur Patar.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M Naufal Hafizh


scan for download