Keseruan Jelajahi ITB Kampus Jatinangor dengan Tampomas dan Odong-odong di Jatifest 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Jatinangor Festival 2023, di ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (2/9/2023). Jatifest 2023 bertujuan mengenalkan ITB Kampus Jatinangor kepada civitas akademika ITB sekaligus menjadi penutup rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITB 2023.

Campus Tour on Bus menjadi salah satu acara JATIFEST 2023. Pengunjung mengelilingi ITB Kampus Jatinangor dengan menaiki dua bus Tampomas dan empat unit odong-odong.

Sebanyak 200 lebih peserta dari berbagai usia mengikuti Campus Tour on Bus di tiga sesi tur mulai pukul 09.00 WIB hingga 14.30 WIB.

Selama tur, peserta dikenalkan berbagai fasilitas dan gedung oleh pemandu. Sembari menikmati asrinya lingkungan kampus, pengunjung diajak bermain gim berhadiah di tiga pos berbeda.

Pos pertama berada di Labtek VA, kawasan gedung kuliah program studi Rekayasa Kehutanan serta Museum Zoologi dan Herbarium. Dengan judul “Seberapa Cinta Kamu dengan ITB”, peserta diberikan kuis pengetahuan seputar ITB.

Kegiatan dilanjutkan di pos kedua di dekat Labtek 1C, Laboratorium Rekayasa Sungai dan Sedimentasi. Di pos ini, peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk bersaing mendapatkan poin tertinggi dengan melempar sampah seperti botol, ranting, dan kertas sesuai kategori ke lubang yang disediakan.

Terakhir, kegiatan di pos ketiga digelar di selasar TB 1 asrama. Tiap kelompok berlomba menyusun puzzle Robot Gajah (Roga) yang terdiri atas 24 potong puzzle. Kelompok yang menyusun puzzle dengan waktu tercepat menjadi pemenangnya.

“Tadi pas naik odong-odong, speaker-nya itu ngejelasinnya clear dan tadi gimnya seru banget,” ujar Mirai, salah seorang saudara dari mahasiswa baru ITB.

Senada dengan Mirai, mahasiswa Mikrobiologi angkatan 2020, Afina Nur Islami, mengaku senang dengan kegiatan ini.

“Tadi aku keliling-keliling dan pokoknya seru banget deh bisa melihat kondisi kampus secara real time. Panitianya juga keren banget dan ramah-ramah semuanya,” ujarnya.

Dia berharap ke depannya tur kampus dan JATIFEST lebih meriah lagi, cakupan pesertanya lebih luas, serta memberikan dampak.

Reporter: Muh. Umar Thoriq (Teknik Pangan, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download