Kemeriahan #5dekadeDKVITB pada Family Reunion Gathering dan Visual Cultural Night & Lifetime Achievement

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) memperingati usianya yang ke-50 Tahun dengan serangkaian acara spesial bertajuk #5dekadeDKVITB yang diadakan pada 28 September-1 Oktober 2023, di ITB Kampus Ganesha.

#5dekadeDKVITB bertujuan untuk merayakan setengah abad prestasi luar biasa, inovasi, dan dedikasi dari civitas akademica Prodi DKV FSRD ITB. DKV FSRD ITB berdiri pada tahun 1972 dan program studi ini telah menjadi salah satu pelopor dalam pendidikan DKV di Indonesia.

Serangkaian acara yang diadakan mencakup berbagai kegiatan yang mencerminkan visi "DKV for Greater Indonesia". Family Reunion Gathering dan Visual Cultural Night Lifetime Achievement menjadi salah dua rangkaian kegiatan #5dekadeDKVITB.

Visual Cultural Night Lifetime Achievement menjadi momen berharga untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada dosen dan alumni berprestasi. Acara ini diadakan di Lapangan CC Timur ITB pada Sabtu (30/9/2023).

Ketua Pelaksana Family Reunion Gathering dan Visual Cultural Night Lifetime Achievement, Dra. Ifa Safira Mustikadara, M.Si., mengatakan pada momen ini terdapat Family Reunion Gathering, yang puncaknya akan diadakan Lifetime Achievment. "Untuk memberi penghargaan khusus kepada perintis dosen-dosen senior dan purnabakti," ucapnya.

Selain itu, terdapat pula agenda Gowes 5 dekade sejauh 20 kilometer, pada pukul 06.00 - 09.00 WIB yang dimulai dari Center for Art, Design, and Language (CADL) ITB. Dilanjutkan dengan penampilan Band The Panas Dalam, pada 14.30-15.30 di Lapangan Cinta ITB, dan puncaknya terdapat Visual Cultural Night, Lifetime Achievement pada pukul 18.30-22.00 WIB. Acara tersebut diselingi oleh penampilan musik dan hiburan dari alumni yaitu Kilas Balik Band, Dongker Band dan Candil ex-Seurieus.

Sementara itu, beberapa dosen yang diberikan penghargaan antara lain:
Prof. Emeritus Drs. Abdul Djalil Pirous
Prof. Dr. Primadi Tabrani
Drs. Tarcisius Sutanto, M.Sc.
Dr. Prijanto Sunarto
Drs. Tirto Siswojo, M.Sn.
Drs. Indarsjah Tirtawidjaja
Drs. Alfonzo Ronald Koapaha, M.Sn.
Dr. Pindi Setiawan, M.Si.
Drs. Iman Sudjudi, M.Sn.
Drs. Nana Sumpena Iskandar, M.Psi.

Family Reunion Gathering sendiri menjadi acara reuni dan kegiatan keluarga yang menyenangkan bagi para alumni DKV ITB. Dalam acara ini terdapat berbagai fasilitas dan hiburan, antara lain Kids Corner, Bouncy Castle dan EduPlayGame di Lapangan Cinta pada Sabtu (30/9/2023) dan Minggu (1/10/2023). Narajagad : Memecah Matahari, di Immersive Room (khusus anak-anak) pada Jumat (29/9/2023) dan Minggu (1/10/2023), Happy Dance pada Sabtu pukul 15.30-16.30 WIB dan PicuPacu Corner pada Minggu pagi.

Selain itu terdapat acara pendukung lainnya berupa Craft Bazaar dan Culinary Stand yang menyediakan berbagai makanan dan kerajinan.

Seluruh rangkaian acara ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa, dosen, dan alumni Prodi DKV FSRD ITB serta dukungan dari berbagai pihak termasuk Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Reporter : Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download