Kegiatan Safety Drill Evakuasi Kebakaran Gedung Lab Telekomunikasi Radio dan Gelombang Elektromagnetik (LTRGM) Kampus ITB Ganesha

Oleh Fivien Nur Savitri, ST, MT

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam mempersiapkan jika suatu saat terjadi keadaan darurat di lingkungan Kampus ITB, seluruh sivitas akademik Kampus ITB diberikan pelatihan simulasi kebakaran atau safety drill evakuasi kebakaran. Kegiatan safety drill evakuasi kebakaran dilakukan oleh tim Keamanan, Keselamatan Kerja dan Keterandalan Gedung (K3G) Gedung LTRGM bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Kampus ITB yang merupakan lembaga internal yang berwenang dalam meningkatkan dan membudayakan K3 di lingkungan Kampus ITB. Kegiatan safety drill evakuasi kebakaran tersebut diadakan pada Rabu (05/04/17) di Gedung LTRGM ITB dan disaksikan langsung oleh Dr. Yogi Wibisono Budhi selaku Kepala UPT K3L ITB.

Kegiatan safety drill evakuasi kebakaran di Gedung LTRGM berada di bawah pimpinan Ibu Dr. Irma Zakia ST, M.Sc selaku koordinator K3G. Selain itu, terdapat 2 orang floor captain yaitu Bapak Zenal Aripin dan Bapak Kusnadi serta tim dari P3K dipimpin Bapak Cahya Wijaya. Acara diawali dengan persiapan untuk simulasi kebakaran yang dilakukan oleh tim safety dari UPT K3L yang dipandu oleh Bapak Taryono dan Bapak Widodo. Rangkaian kegiatan ini disertai dengan praktek dalam mengevakuasi penghuni gedung ke tempat berkumpul (Assembly Point), melakukan pemadaman kebakaran oleh petugas Layanan Darurat ITB serta mengevakuasi korban kebakaran yang dilakukan oleh tim P3K untuk dibawa ke ambulance sampai pelayanan kesehatan. Dalam kegiatan safety drill evakuasi kebakaran, koordinator K3G bertugas sebagai komandan tanggap darurat yang akan menghubungi tim layanan darurat dan memberikan penenangan kepada seluruh warga yang sudah dievakuasi di assembly point. Tim floor captain bertugas mengevakuasi seluruh warga maupun mahasiswa yang berada di masing-masing lantai.

Tiga aset penting yang harus dijaga dan dilindungi oleh seluruh sivitas akademik Kampus ITB adalah manusia, karya dan gedung. Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi layanan darurat melalui nomor 022-2500204 (ITB Ganesha) dan 022-86010020 (ITB Jatinangor). Info lebih lanjut dapat mengunjungi laman web uptk3l.itb.ac.id.


scan for download