Kampus ITB Cirebon Adakan Kajian, Bukber, dan Tarawih Berjamaah

Oleh Adi Permana

Editor -


CIREBON, itb.ac.id – Keluarga Mahasiswa Islam (Kawai) di Kampus ITB Cirebon sukses mengadakan kajian, berbagi buka, dan salat tarawih bersama di Gedung Multifungsi B kampus ITB Cirebon. Kegiatan ini dilaksanakan tiga kali selama bulan Ramadan 1444 H, yaitu pada tanggal 30 Maret, 6 April, dan 13 April 2023.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan keimanan, mensyiarkan nuansa Islam di ITB Cirebon, dan meningkatkan silaturahmi antarsivitas akademika dan tendik ITB. “Bahkan dengan seiring berjalannya waktu, aku tuh berharap ke depannya keislaman berkembang sangat pesat di lingkungan ITB Cirebon,” ucap Muhammad Ayyash Muharram selaku ketua pelaksana kegiatan ini.

Rangkaian acara pada kegiatan ini adalah kajian, buka bersama, dan tarawih berjamaah yang dimulai dari pukul 16.00 hingga pukul 20.15 WIB. Pada acara kajian, panitia menghadirkan pemateri yang berbeda setiap pekannya. Hal ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa karena sebagian besar jamaah yang hadir adalah mahasiswa ITB Cirebon.

Pada pertemuan pertama tanggal 30 Maret 2023, panitia menghadirkan Jundi Amir Syuhada selaku kepala keluarga mahasiswa islam (Gamais) ITB tahun 2018 sebagai pemateri yang menyampaikan tentang peradaban Islam. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa merupakan agen perubahan yang sangat penting dalam masyarakat, dan memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk peradaban Islam.

Sedangkan pada pertemuan kedua tanggal 6 April 2023, panitia menghadirkan dua pemateri sekaligus yang dibedakan untuk jamaah laki-laki dan perempuan dengan tujuan agar jamaah bisa lebih nyaman dan terbuka dalam mengikuti kajian tersebut. Setelah kajian selesai, jamaah akan dibagikan takjil untuk berbuka puasa.

Sedangkan makanan berat akan dibagikan setelah melakukan sholat Maghrib berjamaah yang dilanjutkan dengan salat tarawih berjamaah.


Untuk merealisasikan kegiatan ini, panitia dari keluarga mahasiswa Islam ITB Cirebon bekerja sama dengan wakaf rumah amal salman. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti program ini. Kegiatan ini diharapkan memberi manfaat untuk meningkatkan keimanan dan silaturahmi khususnya antar sivitas akademika ITB. Program ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kampus ITB Cirebon, sehingga ke depannya juga diharapkan bisa selalu dilaksanakan setiap tahunnya di bulan Ramadan.

Reporter: Mufti Ali Farkhan (Oseanografi, 2021)
Foto Dok. Panitia Kawai ITB Cirebon


scan for download