Kalanova, Pameran Akademik TPB FSRD ITB yang Rangkai Soal Stereotip Seni

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

Salah satu yang ditampilkan dalam pameran Kalanova, Sabtu (10/6/2023)

Bandung, itb.ac.id – Tahap Persiapan Bersama Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (TPB FSRD ITB) kembali mengadakan pameran akademik mahasiswa TPB FSRD 2022. Acara ini berlangsung secara luring di Aula Timur ITB, selama dua hari mulai 10-11 Juni 2023. Di tahun ini, mahasiswa TPB FSRD 2022 mengusung nama Kalanova sebagai identitas pameran.

Pameran ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh untuk menampilkan karya mahasiswa TPB FSRD ITB selama satu tahun belajar. Acara ini bertujuan menunjukkan potensi maksimal dalam ranah seni serta desain. Bukan cuma itu, acara ini juga merupakan wadah kolaborasi bagi seluruh mahasiswa TPB FSRD ITB 2022 dari setiap cabang multikampus.

Pameran Akademik “Kalanova” mengangkat isu tentang maraknya stereotip masyarakat kepada seniman yang dicap kurang baik dan berbeda dari kalangan pada umumnya. Ketua Pelaksana Kalanova 202, Gabriella mengungkapkan bahwa sejatinya seni merupakan kebutuhan hidup manusia yang tidak dapat dipisahkan baik secara individu maupun sosial.

“Sehingga tim mendesain Pameran Kalanova sebagai bentuk pembuktian ketidakbenaran stereotip yang beredar dengan aktualisasi diri,” katanya.

Kalanova merupakan akronim dari kata kaulis, palavos, auxa, menon, dan vagari yang diambil dari bahasa Yunani. Kaulis berarti pemimpin kejayaan yang mampu menyelesaikan masalah. Palavos memiliki arti pemberani yang bermakna sebagai lambang dari keberanian untuk menghapus stereotip. Auxanomenon berarti tumbuh sebagai simbol aktualisasi diri di mana pribadi berasal. Sementara itu, vagari bermakna pengelana sebagai simbol karakter utama dalam alur cerita Pameran Akademik TPB.

Makna dari Kalanova secara tersirat ditampilkan dalam pertunjukan seni oleh mahasiswa TPB FSRD ITB 2022. Sebagai pembuka acara di hari pertama Sabtu (10/6/2023), sebuah pertunjukan seni dilaksanakan di Rotunda ITB.
Kostum yang epik dan properti panggung yang menarik disuguhkan oleh Mahasiswa TPB FSRD ITB untuk menarik “Kawanova” atau sebutan bagi pengunjung Kalanova 2023. Hal ini terbukti saat area Rotunda ITB mulai dipenuhi lautan manusia saat parade berlangsung.

Suksesnya pertunjukan seni tentu tidak lepas dari usaha dan kerja keras mahasiswa TPB FSRD ITB. Staff Bidang Properti, Andi mengungkapkan pengerjaan properti mulai dilakukan awal bulan Maret 2023. "Pengerjaan ini dilakukan secara intensif selama seminggu sebelum acara. Properti yang dibuat menggambarkan perjalanan mereka selama menjalani perkuliahan TPB FSRD," ungkapnya.

Antusiasme pengunjung juga terlihat setelah pertunjukan seni yang mulai mengantre menuju pameran Kalanova 2023 di Aula Timur. Total yang dipamerkan di acara ini kurang lebih ada 1600 karya. Karya ini dibagi menjadi empat kategori, yakni Gambar Bentuk, Gambar Konstruk, Real Design 2D, dan Real Design 3D yang dapat dinikmati pengunjung.

Hari pertama Kalanova ditutup dengan kunjungan pameran. Sebagai awal kegiatan, Kalanova sukses dengan total pengunjung berjumlah 2905 orang. Harapannya dengan pameran Kalanova, dapat meningkatkan lagi kecerdasan dan minat masyarakat di bidang seni. Sekaligus merangkai stereotip baru tentang seni dan seniman.

Reporter: Pravito Septadenova Dwi Ananta (Teknik Geologi, 2019)


scan for download